Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Kombinasi Ukuran Pelek dan Ban Yang Ideal, Contek Dari Standar Pabrik

Dimas Pradopo - Minggu, 3 Agustus 2014 | 10:42 WIB
Panduan Kombinasi Ukuran Pelek dan Ban Yang Ideal, Contek Dari Standar Pabrik
OTO-salim, octa, johan
Panduan Kombinasi Ukuran Pelek dan Ban Yang Ideal, Contek Dari Standar Pabrik

Jakarta - Ban bertapak lebar, makin banyak ditawarkan toko aksesori dan juga toko yang khusus menjual ban luar. Hal ini seiring dengan makin meningkatnya angka penjualan motor tipe sport di Tanah Air yang mencapai 14% pada tahun ini.

Tak hanya ban-ban bertapak lebar saja yang tumbuh dan berkembang sesuai kebutuhan konsumen. Pelek-pelek lebar aftermarket, juga banyak memenuhi pasaran produk aftermarket.

Makin kuatnya keinginan konsumen motor tipe sport untuk meng-upgrade kaki-kaki tunggangannya, juga dijawab oleh pabrikan motor. Beberapa produk motor batangan, akhirnya sudah dilengkapi dengan pelek lebar.

Seperti pada Yamaha Byson yang sudah mengaplikasikan pelek 17 inci dengan lebar 2,5 inci di depan dan 3,5 inci di belakang. Ban standar yang dipasangkan berukuran 100/80 di depan dan 120/70 dibelakang.

“Dengan melihat angka pemakaian ban standarnya, bisa ditentukan seberapa besar upgrade ukuran ban yang bisa dilakukan. Jangan sampai memaksakan ukuran ban lebar, tapi malah enggak safety,” jelas Riza, marketing department PT Suryaraya Rubberindo Industries yang jadi pabrikan ban FDR.

Jadi bagaimana menyesuaikan ukuran pelek dan ban?

 
Mau pakai pelek aftermarket yang memang didesain untuk motor tertentu dengan ukuran lebih lebar dari standarnya?

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa