Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Texa Fuel Injection Diagnostic Tool, Lengkap Tapi Mahal

Dimas Pradopo - Jumat, 20 Juni 2014 | 08:58 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Salah satu alat penunjang kerja mekanik di era injeksi saat ini adalah FI diagnostic tool. Di bengkel Honda misalnya ada HiDS, kalau Yamaha punya Yamaha diagnostic tool. Merek lain pun punya alat bantu masing-masing. Fungsinya sama, untuk membantu mekanik dalam menganalisa kinerja sistem injeksi, termasuk juga jika ada kerusakan.

Nah di luar bawaan merek masing-masing, ternyata ada juga penyedia diagnostic tool injeksi universal, karena bisa dipakai di hampir semua merek. Contohnya Texa yang asal Italia.

“Diperkirakan saat ini ada 3.000 model kendaraan yang bisa di-cover Texa, meliputi motor, mobil sampai alat berat,” terang Muhammad Idam Faisal, Marketing Director CV Midia Tekindo, penyalur Texa di Indonesia.

“Bedanya hanya pada soket saja, tinggal diganti-ganti. Soketnya bisa dibeli terpisah dengan harga sekitar Rp 500 ribu,” imbuh Idam, sapaannya.

Dengan diagnostic tool, menurut Idam pekerjaan mekanik akan sangat terbantu. “Mekanik jadi enggak perlu tebak-tebakan lagi saat ada masalah pada sistem injeksinya,” imbuhnya. Bisa begitu karena semua motor yang telah di-cover dalam Texa, telah ada parameter masing-masing, jika di luar angka patokan berarti bermasalah.

“Alat ini juga bisa langsung untuk mengetes tiap komponen, misal injektor dan koil, jadi sangat membantu jika menganalisa motor multisilinder, tak perlu lagi menerka misal injektor mana yang rusak,” lanjut pria yang berkantor di Komplek Ruko Pesona Khayangan, Jl. Raya M. Yusuf No. 18, Depok, Jabar ini.

Namun kalau minat yang bikin pusing adalah harganya, Rp 40 juta! “Dapat navigator, software dan satu konektor universal,” tutup Idam.

Mahal ya!

No caption
No credit
No caption

1. Konektor tersedia untuk semua merek, tapi mesti beli terpisah di luar paket

No caption
No credit
No caption

2. Tiap motor sudah ada patokan parameter, menyimpang itu berarti abnormal

No caption
No credit
No caption

3. Merek, serial number, model dan negara asal ECU motor pun terdeteksi



4. Navigator, perangkat utamanya. Sedang software bisa diinstal di tablet, laptop atau PC.
(motor.otomotifnet.com) 

texa : 021- 29441200 / 0818-795409



Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa