Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Trail KTM Jadi Supermoto, Ini Daftar Belanjanya!

Dimas Pradopo - Minggu, 8 Juni 2014 | 10:40 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Ada juga yang menebus trail KTM, namun dipakainya untuk main aspal. Caranya dengan mengubah dari trail jadi supermoto.


Jakarta - Motor trail berlabel KTM tipe enduro, saat ini jadi primadona bagi penyuka adventure off-road di Tanah Air. Itu terlihat dari banyaknya penyuka trail adventure off-road yang menggunakannya.

Ada juga yang menebus trail KTM, namun dipakainya untuk main aspal. Caranya dengan mengubah dari trail jadi supermoto.

“Banyak yang melakukan hal itu, bukan mereka enggak suka main tanah. Tapi kebanyakan ingin mencoba sesuatu yang baru dengan tunggangannya,” kata Eko dari rumah modifikasi Caos Custom di Pancoran, Jaksel.

Apa yang dibilang Eko itu, dicontohkan dengan adanya konsumen yang datang ke Caos Custom untuk mengubah tampilan KTM trail mereka menjadi supermoto. Merasa tertarik juga?

“Ubahannya juga enggak terlalu banyak, hanya di sekitar kaki-kaki dan dengan kondisi semua barang tersedia, hanya butuh waktu paling lama seminggu,” jelas Eko.

Nah ini dia yang diubah, kalau KTM tipe enduro jadi supermoto. Dengan catatan, ubahannya sewaktu-waktu bisa dikembalikan lagi jadi motor trail.

No caption
No credit
No caption

Jari-jari
Ganti pelek dan teromol, juga perlu dipasang jari-jari baru. Sesuai dengan lubang yang ada di pelek, maka dibutuhkan jari-jari yang berdiameter 4,5 mm. Bisa langsung pakai yang orisinal bawaan KTM, dengan mengucurkan dana Rp 3 juta. Atau mau pilih yang aftermarket, nilai tebusnya Rp 500 ribu.
No caption
No credit
No caption

Pelek
Bisa pakai pelek orisinalnya atau aftermarket yang ada di pasaran. Bila ingin tetap pakai pelek orisinal, selain harga yang lumayan mahal juga mesti sabar menunggu ketersediaannya di penjual limbah trail. Budget yang harus disediakan untuk menebus pelek orisinal KTM, di kisaran Rp 5 juta. Sedangkan bila pakai barang aftermarket, cukup siapkan Rp 2,5 juta.
No caption
No credit
No caption

Ban
Tapak lebar, langsung jadi pilihan saat mengubah tampilan KTM trail jadi supermoto. Di bagian depan, yang jadi rujukan adalah ban dengan size 120/70-17. Sementara untuk sisi belakangnya, bisa pakai ukuran 150/60-17. “Baderolnya di kisaran Rp 3-4 juta,” tutur Eko.

Teromol
Sama seperti pelek, untuk pakai teromol asli KTM mesti bersabar. Pasalnya juga melihat ketersediaan barang copotan di toko penyedia limbah trail. Kalau enggak bisa menunggu terlalu lama, Caos Custom memberikan alternatif pilihan. “Kita sediakan teromol set optional yang terdiri dari teromol dan cakram depan belakang. Harganya hanya Rp 2,2 juta,” papar Eko.

Ada beberapa hal yang perlu disesuaikan, agar teromol optional tersebut bisa terpasang. Beda dengan kalau beli teromol asli KTM, yang tinggal pasang saja (motor.otomotifnet.com)

CAOS : 0817-0089400

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa