Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Reamer Throttle Body Yamaha X-Ride, Tarikan Jozz..!

Dimas Pradopo - Kamis, 1 Mei 2014 | 09:22 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Cibinong - Pemakai Yamaha X-Race yang sedang mempersiapkan tunggangan untuk ikut X-Race 2, atau sekadar upgrade performa untuk harian, enggak jarang yang sudah melakukan bore-up. Nah biar performa makin maksimal, enggak ada salahnya kalau jumlah pasokan udara juga diperbanyak, selain bensin tentunya.
No caption
No credit
No caption

Cara yang bisa ditempuh tentu saja dengan membesarkan saluran masuk udara ke ruang bakar, tepatnya memodifikasi throttle body (TB) (gbr.1). Setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan.

Pertama mencangkok punya motor lain yang berukuran lebih besar. Kebanyakan pilih milik Xeon RC yang berdiameter 28 mm, standar X-Ride hanya 24 mm. Jika pakai punya Xeon RC, maka mesti belanja TB yang menurut situs resmi Yamaha dijual Rp 443 ribu.

No caption
No credit
No caption

Cara kedua seperti yang ditawarkan BRT, yaitu reamer TB standarnya. “Digedein jadi 26,8 mm (gbr.2),” ujar Baron, dari bagian R&D BRT. Pengerjaan menggunakan mesin bubut CNC, makanya hasilnya sangat mulus dan presisi.

Selain di-reamer, Baron menyarankan sekalian mengistirahatkan katup atau koin kedua. Dalam TB X-Ride memang ada dua katup, ciri khas dari YMJet-FI, selain saluran by pass langsung ke arah klep. 

No caption
No credit
No caption


“Lepas saja biar lebih enak, karena aslinya kan untuk mengejar irit, sementara ini di-modif biar lebih ngacir,” ujarnya. Makanya lubang as katup kedua juga ditutup (gbr.3), termasuk juga saluran assist air passage juga dinon-aktifkan (gbr.4).

Berapa ongkos yang dikeluarkan untuk reamer? “Reamer Rp 350 ribu sudah termasuk koin,” terang Tomy Huang, bos workshop yang beralamat di Jl. Mayor Oking Jayaatmaja No. 102, Cibinong, Bogor.

Silakan dicoba!(motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa