Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perbaiki Lampu AHO Honda Vario 125 Mati

Dimas Pradopo - Minggu, 20 April 2014 | 10:46 WIB
Perbaiki AHO Honda Vario 125
Dok. OTOMOTIF
Perbaiki AHO Honda Vario 125
 
Jakarta - Peraturan pemerintah yang mewajibkan lampu motor langsung nyala alias AHO (Auto Headlight On) mengundang pro dan kontra. Tapi yang namanya peraturan ya harus ditaati bro, makanya produsen motor pun sudah menghilangkan sakelar ON/OFF lampu utama.

Tapi peraturan ini sedikit ada efek negatifnya terhadap usia komponen. “Motor gue lampu utamanya tiba-tiba mati, gue yakin sih bukan bohlamnya,” papar Ariyanto, pengguna Honda Vario 125 yang lampunya sudah AHO. “Soalnya tadi sakelar lampu jauh-dekat sempat susah ditekan,” timpalnya.

Benar saja, setelah dicek plastik konektor di sakelar lampu jauh dekat meleleh karena kepanasan. “Makanya terjadi arus pendek dan sekring lampu utama putus, makanya lampu jadi enggak hidup sama sekali,” analisa Heri Prasetyawan dari bengkel Jaw’s Speed.

Kalo mengalami kejadian seperti ini pastinya merepotkan, apalagi pas malam hari jadi enggak ada penerangan sama sekali tuh. Solusinya lepas sekring lampu utama yang putus dan ganti sekringnya. “Biasanya sudah disertakan sekring cadangan, tinggal ganti saja,” katanya.

Setelah urusan sekring beres, lanjut ganti sakelar lampu jauh-dekat, kalo Honda nyebut-nya dengan SW Unit, Dimmer. Harga part ini Rp 20 ribu saja kok, murah meriah. Supaya lebih jelas yuk lihat langkah perbaikannya.

Perbaiki AHO Honda Vario 125
Dok. OTOMOTIF
Perbaiki AHO Honda Vario 125

Berikut langkahnya :

1.Buka dasi depan (dudukan pelat nomor) dengan cara ditarik dan dorong. Trus buka cover setang bagian depan pakai obeng plus.

2. Buka rumah sekring dan ganti sekring headlamp, posisinya kedua dari bawah. Bisa dilihat keterangannya di tutup rumah sekring.

3. Dorong keluar sakelar lampu jauh-dekat pakai obeng minus, supaya gampang lepas soketnya.

4. Karena meleleh, biasanya soket agak susah dilepas jadi harus sedikit dipaksa. Kalo sudah tinggal pasang sakelar lampu yang baru deh. (motor.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa