Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Swing Arm Aluminium di Yamaha Byson, Muat Ban 200!

Dimas Pradopo - Sabtu, 29 Maret 2014 | 11:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Yamaha Byson mewarisi DNA Yamaha FZ Series, generasi motor street fighter Yamaha. Makanya bodinya tampil kekar bak binaragawan dengan otot-otot yang besar. Kaki-kaki pun terlihat atletis dengan ban berukuran besar, sokbreker depan bertabung 41 mm dan swing arm dengan hugger bikin sporty.

Walau begitu masih banyak yang mau menambah kekar tampilan motor 153 cc tersebut, makanya ragam komponen aftermarket-nya pun berlimpah di pasaran. Salah satunya swing arm aluminium merek RD Racing Arm ini.

Adam Damiri salah satu pengguna Yamaha Byson sudah pasang sendiri swing arm ini. “Bobotnya lebih ringan dari arm standar tapi bentuknya lebih kekar,” katanya.

“Selain itu bisa menampung ban sampai lebar 200 tuh, kalo swing arm standar mentok 160 saja,” beber pria yang pasang ban ukuran 180/60-17 di pelek belakangnya.

Pemasangan juga plug and play, tapi harus ada penyesuaian. “Rantai sebaiknya ganti karena kurang panjang 1 mata, daripada bikin sambungan, ganti baru lebih terjamin kekuatannya,” sarannya. Oh iya, harga swing arm aluminium ini sendiri di angka Rp 1,7 sampai Rp 1,8 jutaan, dan bisa dibeli di toko-toko variasi motor.

Pasang yuk.

No caption
No credit
No caption


1). Langkah pertama lepas dulu monosok dari dudukan di swing arm standar. Pakai bantuan kunci sok 19 mm untuk melepasnya

No caption
No credit
No caption

2). Dilanjut melepas as swing arm pakai kunci sok 17 mm deh, baut as sendiri juga berguna untuk melepas dudukan footstep. Dan lepas roda belakang pakai kunci 19 mm dan 17 mm

No caption
No credit
No caption

3). Karena harus ganti rantai, lepas juga gir depan pakai kunci T-10. Oh iya, rantai bawaan Yamaha Byson model tanpa sambungan. Baru pasang lagi swing arm aluminium dan monosok

4). Tinggal atur kekencangan rantai bro, model pengencangnya beda nih, tinggal putar murnya pakai kunci pas 10 mm (motor.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa