Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Dobel Cakram di New Ninja 250 Jangan Takut ABS Rusak

billy - Jumat, 31 Mei 2013 | 09:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Sensor ABS untuk rem depan pindah ke belakang.
Punya motor keren macam Kawasaki New Ninja 250 memang sudah jadi kebanggaan tersendiri. Tetapi, soal kepuasan modifikasi, tentu setiap orang pasti punya standar berbeda.

Seperti yang dilakukan Joddy Ario dari JDM Project yang aplikasi dobel cakram depan. Namun, fitur pengereman canggih Anti-Lock Braking System (ABS) yang dimiliki New Ninja 250 tetap berfungsi seperti layaknya.

Varian New Ninja 250 ini, mengaplikasi dobel cakram cukup lebar. Yaitu, 320 mm. Lalu bagaimana cara pasang sensor ABS-nya agar tetap berfungsi?

No caption
No credit
No caption
Nipel kaliper dibuat bercabang
“Risikonya, saya harus beli satu tabung sok depan New Ninja 250 sebelah kanan. Jadi, dua tabung sok sebelah kanan yang sama-sama dipakai untuk sok depan ini. Juga kaliper rem,” ujar Joddy yang bermarkas di Jl. Jatiwaringin Raya No.1A, Pangkalan Jati, Jakarta Timur.

Pemasangannya sama seperti biasa. Tetapi, untuk slang rem cakram kiri, nipel slang harus dibuat pararel di master rem dengan nepel slang rem cakram kanan.

Tabung sok depan sama-sama pakai sebelah kanan dan tambah braket 9mm untuk kaliper depan kiri.
“Jadi, ketika menekan tuas rem, kedua cakram kiri-kanan tetap ikut bekerja. Termasuk ABS-nya. Karena proses pemasangan cakram dobel ini tidak mengubah sistem kerja ABS,” kata Joddy sambil bilang kalau buat kaliper sebelah kiri, bisa pakai punya Suzuki Thunder 125 atau Bajaj Pulsar untuk hemat biaya. (motorplus-online.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa