Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Gejala Kampas Kopling Sentrifugal Skubek Mulai Aus

billy - Selasa, 30 April 2013 | 08:01 WIB
No caption
No credit
No caption


Usia pakai skubek lebih dari 3 tahun dan kerap dipakai ngebut, baiknya lebih waspada! Motor bisa aja nggak mau lari lantaran sepatu kampas kopling sentrifugal mulai aus.

Gejalanya, saat grip gas dibuka, bukan tenaga yang keluar. Tapi, hanya suara raungan mesin. Apalagi skubek yang memang bertransmisi otomatis. Jika gejala selip terjadi saat motor dipakai berkendara di tanjakan, bisa gawat!


Biar tak seperti itu, biasakan lakukan pengecekan pada part transfer daya. Karena part dari kampas, tak salah jika lakukan pengukuran. Coba pakai sigmat. Sebaiknya, hindari pakai kopling sentrifugal yang ketebalan kampas sudah turun lebih dari 1 mm dari ukuran standar.

Misal, standar 21,46 mm dan kampas aus 20,37 mm. Atau, paling mudah perhatikan ketinggian kampas. Di kampas baru, ada tingkatan permukaan. Kalau tingkatan ini habis atau rata dari ujung ke ujung, maka kampas habis.

Selain kampas tak tebal lagi, gejala aus juga bisa disebabkan kondisi permukaan part tidak rata. Artinya, kampas kopling gompal alias rusak atawa tak mulus lagi.

Memaksa kampas bekerja tak sempurna. Terlebih harus beradu dengan mangkok kopling yang dari logam. Akhirnya, gejala selip tidak bisa dihindari.


Tapi, gejala slip beda dengan roller aus. Jika roller aus, motor masih mau jalan meski tersendat. Tapi, kalau kampas aus, motor berjalan ngeden. Silakan buktikan deh!.  (motorplus-online.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa