Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Gigi Kick Starter Kawasaki KLX 150 Patah Akibat Bore Up!

billy - Kamis, 17 Januari 2013 | 12:01 WIB
No caption
No credit
No caption


Kelar bore up, biasanya kompresi ruang bakar makin tinggi. Begitu juga di soal tenaga. Makanya komponen pemutar bandul kruk-as harus mumpuni biar aki enggak gampang tekor atau ada komponen lain yang kalah.

Seperti dialami Kawasaki KLX 150 garapan Sardin Gorad Pasaribu. Gigi penghubung antara kick starter dengan rumah kopling dan kruk-as di balik rumah kopling mendadak rompal begitu pakai kick starter.


“Sering pakai tombol starter, aki cepat habis. Makanya biar ringan pakai kick starter. Tapi karena masih berat, malah gigi penghubungnya patah,” sesal mekanik Ingin Jaya Motor di Medan.

Ketika dikonfirmasi ke bengkel resmi Kawasaki dan mendapat tanggapan kalau hal itu adalah kesalahan prosedur. "Mesin Kawasaki KLX 150 standar dirancang buat harian dan bukan kompetisi. Atau kalau memang mau modifikasi, ganti saja dengan part racing kit biar kuat,” sanggah Edi Yulianto, chief mekanik Kawasaki Super Sukses Motor di Jl. Raya Fatmawati, Jakarta Selatan.

Tapi karena komponen berbanderol Rp 350 -400 ribu sudah rusak, beberapa teman klub tracker yang biasa pakai KLX 150 mau kasih saran.

“Biar kuat dan bisa pakai kick starter abis bore-up, biasanya gigi penghubung diganti punya motor Yamaha RX-100. Cuma buat gantinya, mesti ke bengkel bubut karena ada proses potong, las dan bubut,” terang Nurfaizin dari Brian Motor di Jl. Bekasi Timur Raya, KM. 18/2C, Pulogadung, Jakarta Timur.

Itu solusinya!  (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa