Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingin Tahu Proses Pembuatan Ban? Ini Tahapannya

Dimas Pradopo - Jumat, 10 April 2015 | 13:03 WIB
Ingin Tahu Proses Pembuatan Ban? Ini Tahapannya
Denta
Ingin Tahu Proses Pembuatan Ban? Ini Tahapannya

Ingin Tahu Proses Pembuatan Ban? Ini Tahapannya
Denta
Ingin Tahu Proses Pembuatan Ban? Ini Tahapannya

Tahap ketiga, yakni tyre semi manufacturing menggabungkan komponen-komponen ban

Jakarta - Pada acara factory visit media yang dilakukan oleh PT Multistrada Arah Sarana Tbk. (MAS) selaku produsen ban Corsa (8/4), selain bertujuan untuk memperkenalkan produk baru, diberitahukan juga tahapan-tahapan proses pembuatan ban. Ternyata alurnya cukup panjang namun tidak memerlukan waktu yang lama.

"Ada sekitar 7 tahapan dalam proses pembuatan ban. Untuk ban mobil butuh sekitar 10-11 kompon, sedangkan untuk motor hanya 6-8 kompon saja," jelas Firdan Mulia, Technical Support Section Head PT MAS. Total produksi ban yang bisa dihasilkan yaitu 25 ribu ban mobil dan 16 ribu ban motor dalam satu hari.

Tahapan pertama dalam pembuatan ban yaitu pemilihan raw material, yaitu pemilihan dan pemisahan bahan baku ban seperti karet alam, karet sintetis, oli dan lainnya. Kedua yaitu masuk ke tahap bunbury, yaitu tahapan untuk membuat kompon ban.

Setelah bunbury, masuk ke tahap ketiga yakni tyre semi manufacturing. Di sini akan membuat bagian-bagian ban, seperti dinding ban, telapak ban, inner linner, bead, body ply (benang yang dilapis kompon), dan big ring penghubung antara pelek dengan ban.

Tahap keempat yaitu tyre building. Pada tahapan ini masuk ke dalam penggabungan atau assembly bagian-bagian ban. Dari sini akan menghasilkan ban mentah yang bernama green tyre, prosesnya 90 detik per ban.

Ingin Tahu Proses Pembuatan Ban? Ini Tahapannya
Denta
Ingin Tahu Proses Pembuatan Ban? Ini Tahapannya

Curing building, tahapan ini adalah untuk memasak ban mentah menjadi ban matang, dengan memberi alur atau kembangan ban dan proses pengerasan ban

Tahap kelima yaitu curing building. Tahapan ini adalah untuk memasak ban mentah menjadi ban matang, dengan memberi alur atau kembangan ban dan proses pengerasan ban.
 
Ban akan dimasak pada suhu 180 derajat, untuk satu ban mobil membutuhkan waktu 10-15 menit sedangkan motor sekitar 8-10 menit, tergantung dari size ban.

Sekarang masuk ke tahap-tahap terakhir, yaitu finishing dan quality control (QC). Disini ban akan dirapikan dari sisa-sisa hasil produksi kemudian dicek dan dipastikan tidak ada kesalahan.

Setelah itu masuk ke dalam tahap warehouse, di sini ban akan di packing atau dibungkus kemudian disimpan dan dikirim ke distributor ban Corsa. (motor.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa