Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pilihan Knalpot Aftermarket All New Honda CBR150R, Ada WRX dan AHRS

Dimas Pradopo - Jumat, 26 September 2014 | 07:50 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

All New Honda CBR150R yang langsung dipertontokan pada khalayak ramai, pakai knalpot aftermarket untuk harian dan keperluan balap

Jakarta - Part pendongkrak performa, selalu jadi incaran konsumen dan salah satunya adalah knalpot. Itu berlaku baik pada motor keluaran lawas ataupun yang kinyis-kinyis baru dijual pabrikan pembuatnya.

Seperti All New Honda CBR150R yang langsung dipertontonkan pada khalayak ramai, menggunakan knalpot aftermarket. Satu produk yang dipakai pajangan untuk keperluan part aksesori pendukung dan satu lagi adalah yang dipasang pada All New CBR150R yang digas oleh pembalap Honda di trek dadakan Kemayoran Jakpus.

Saat ini memang ke-2 produk tersebut, belum bisa dijumpai di pasaran. Masing-masing produsennya, masih mempersiapkan produk mereka untuk dalam waktu dekat ini bisa diproduksi masal.

Ini nih, ke-2 produk knalpot aftermarket buat All New CBR150R.

WRX

Produksi awal langsung dipakaikan pada All New CBR150R yang rencananya menggantikan balapan kelas CB150R Steerfire. Oleh pabrikan pembuatnya, knalpot aftermarket ini hanya akan keluar model yang full system.

No caption
No credit
No caption

Full system yang ditawarkan WRX, dengan keperluan untuk trek panjang dan harian


“Namun akan ada 2 tipe yang diproduksi, yakni Oval dan GP6. Perbedaan yang mendasar pada ke-2 produk tersebut adalah pada bagian silencer-nya saja,” papar Indrawan, owner produk berlabel WRX yang pabriknya ada di Cikupa, Tanggerang.

Secara detail pada knalpot WRX tipe oval paling cocok untuk karakter sirkuit yang panjang, seperti di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor. Dengan begitu, produk yang satu ini memang kurang cocok buat pemakaian harian yang stop and go plus trek yang beragam.

Pada produk GP6, diseting untuk bisa mendukung All New CBR150R di trek panjang maupun pendek. Dengan kata lain, pada tipe ini memang dipersiapkan untuk pemakaian sehari-hari.

Meski tampang silencer dan setingan pemakaiannya berbeda, namun baik tipe Oval maupun GP6 memakai bahan stainless steel impor dari Jepang. “Enggak hanya sampai di situ saja persamaannya, baik yang Oval maupun GP6 harganya akan diseting pada angka Rp 1,2 juta,” kata Indrawan.

AHRS

Siapa sangka kalau PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai pabrikan pembuat All New CBR150R, langsung kasih unjuk aksesori pendukung performa mesin. Knalpot AHRS yang jadi ‘tersangka’ pada urusan tersebut.

Menilik dari booth AHRS yang nongol, sepertinya produsen knalpot yang markasnya di Jl. Tole Iskandar, Depok ini jadi penyuplai resmi part tersebut. Soal tipe, akan ada 2 tipe yang dipersiapkan untuk bisa cocok dengan karakter mesin All New CBR150R.


Ke-2 produk yang ditawarkan AHRS, silencer-nya sama-sama menggunakan bahan karbon


Dengan sama-sama menggunakan bahan stainless steel dan full system, AHRS memproduksi tipe Mega dan Zeta Cone. Pada bagian silencer-nya, dibuat dengan bahan karbon
.
“Saat ini ke-2 tipe tersebut, sedang dalam proses diproduksi masal dan itu menunggu proses dari AHM,” kata Rachmad Eko Putro dari AHRS.

Penggunaan bahan silencer karbon dan desain yang terlihat enggak biasa, memperlihatkan AHM dan AHRS serius mempersiapkan produk pendukung performa. Saking seriusnya, produk ini mencoba peruntungan di pasar kelas atas. Itu bisa dilihat dari penawaran harganya yang diseting pada angka Rp 4,5-5 juta. (motor.otomotifnet.com) 
 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa