Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How To Buy Kawasaki Ninja 250 FI 2013, Kisaran Harga Di Rp 43-48 Jutaan

Otomotifnet - Kamis, 9 April 2015 | 14:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bukan saja soal performa mesin dan kecepatan, motor ini juga bisa mendongkrak penampilan dan gengsi


Jakarta - Motor khususnya jenis sport berfairing dengan kapasitas mesin 250 cc kini tidak hanya berfungsi untuk kebutuhan transportasi saja, tapi bisa digunakan sebagai bagian dari gaya hidup. Seperti Kawasaki Ninja 250 FI, selain memiliki performa mumpuni, motor ini juga bisa mendongkrak penampilan pemiliknya saat mengendarai.

No caption
No credit
No caption

Tampilan depan sporti dan terlihat agresif

Ninja 250 FI pertama dirilis pada tahun 2012, diposisikan sebagai penerus generasi Ninja 250 sebelumnya yang masih menggunakan karburator. Meski terbilang masih muda, tapi tak ada salahnya memeriksa dan mengetahui lebih dalam.

No caption
No credit
No caption

Spidometer mudah dibaca dan dilengkapi indikator ECO

“Jika mesin dalam kondisi standar termasuk minim masalah, yang bahaya jika pernah dimodifikasi, sitting klep bisa rusak. Kemudian jika kondisi oli tidak diperhatikan bisa berpotensi oli berkurang atau kering yang bisa merusak jeroan mesin,” jelas Iyang, mekanik Utama Motor, bengkel spesialis Kawasaki yang berlokasi di Jl. Raya Bogor, Jakarta Timur.

No caption
No credit
No caption

Perhatikan kondisi kisi-kisi radiator, pastikan masih normal

Nah, lanjutnya, sitting klep tersebut bisa rusak karena mesin berputar terlalu tinggi melebihi batas, misalnya jika sudah mengganti ECU racing aftermarket yang memiliki limiter lebih tinggi dari standar. Lalu efek yang ditimbulkan jika oli mesin berkurang atau bahkan kering bisa merusak komponen metal di dalam mesin, seperti kruk as, piston dan lainnya.

No caption
No credit
No caption

Ada tempat penyimpanan toolkit di bawah jok pembonceng

Selebihnya cek komponen kelistrikan, pastikan masih dalam kondisi normal agar tidak mempengaruhi sistem injeksi. Serta cek bagian kaki-kaki seperti uni-track monoshock, biasanya kerap seret dan berkarat sehingga mengurangi stabilitas serta kenyamanan.

No caption
No credit
No caption


Harga jual Ninja 250 FI lansiran tahun 2013 di pasaran cukup beragam, tergantung dari kondisi motor dan modifikasi yang dilakukan. Angkanya ada di kisaran Rp 43 juta hingga Rp 48 jutaan. • (otomotifnet.com)

 
 Ganti knalpot racing mudah karena lehernya slip-on


Data Spesifkasi

Kapasitas mesin: 250 cc
Konfigurasi mesin: 2 silinder DOHC
injeksi Transmisi: 6 speed M/T

Plus:
1. Mesin kencang
2. Jaringan
3. aftersales service luas
4. Mudah dimodifikasi

Minus:
1. Oli mesin kerap berkurang
2. Harga
3. spare parts agak mahal

Menakar Biaya Servis
Setelah berhasil membawa pulang, enaknya langsung lakukan pengecekan dan servis. Bisa dimaklumi lantaran motor ini sudah mengusung sistem bahan bakar injeksi, yang lebih banyak membutuhkan perhatian, enaknya lakukan servis di bengkel resmi karena peralatan lebih lengkap.

Untuk biaya jasa servis di Utama Motor, penggantian oli dikenakan Rp 10 ribu dan penggantian kampas kopling Rp 50 ribu. Jika mengalami masalah di kelistrikan biayanya berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu atau lebih, tergantung dari jenis kerusakan.

Selanjutnya, jika ada masalah pada mesin, biaya reparasinya sekitar Rp 700 ribu jika bermasalah pada kepala silinder dan Rp 1 juta jika kruk as dan jeroan mesin bermasalah. •

Harga Komponen

Busi Rp 70.000 x2
Kampas rem depan Rp 215.000
Kampas rem belakang Rp 215.000
Kampas kopling Rp 88.000 x5
Oli mesin Rp 50.000 /liter
Filter udara Rp 40.000
Filter oli Rp 95.000
Gir set Rp 1.620.000
Sumber: Utama Motor Kawasaki, Jl. Raya Bogor Km. 27 No. 1, Jakarta Timur. Telp. 021-93775201



Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa