Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Persaingan Pasar Motor Sport 150cc di September 2014, Full Fairing Melejit!

Dimas Pradopo - Jumat, 10 Oktober 2014 | 13:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Pasar sepeda motor sport 150cc di Indonesia memang paling gemuk secara volume penjualan. Rentang harganya tak lebih dari Rp 30 juta menjadi daya tarik tersendiri. Lalu siapa yang paling baik secara penjualan?

Berdasarkan data distribusi domestik Asosiasi Industri Sepeda Motor (AISI), Yamaha tetap dominan lewat Yamaha New V-Ixion, pada bulan September penjualannya tembus 42.565.

Jika ditotal dari Januari hingga September New V-Ixion sudah terjual 333.211 unit. Angka ini hanya bisa diikuti oleh Honda CB 150R yang penjualannya mencapai 159.214 unit di periode yang sama.

Kedua yang paling laris tersebut memiliki desain naked bike, tapi ada yang sedang melejit nih! Yaitu segmen motor sport 150 cc full fairing. All New Honda CBR150R yang sudah dirakit lokal, distribusi pertamanya langsung tinggi!

Pada bulan pertama penjualannya September 2014, motor yang dijual Rp 28 jutaan ini sudah terdistribusi sebanyak 4.412 unit. Bandingkan dengan versi sebelumnya yang masih build up dari Thailand dan dijual dengan harga jauh lebih mahal, Januari hingga Agustus 2014 terjual hanya 2.700 unit saja.

Di kubu Yamaha pun tak jauh berbeda, penjualan Yamaha R15 masih tinggi permintaanya. Jika dibulan-bulan sebelumnya hanya 4.000 unit, di September mencapai 6.818. Permintaan motor sport Yamaha ini ternyata cukup tinggi.


"Mau ngomong apa, nyatanya masih inden. Minat konsumen sangat baik terhadap model baru kita ini," beber Sutarya, Marketing Director PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat dihubungi Kamis (9/10).

Yang menarik adalah ceruk kecil segmen trail dan motor sport 2 tak berkapasitas mesin 150 cc masih cukup tinggi. Kawasaki yang bermain disini masih bisa memasarkan Ninja 150cc 2 tak hingga 58.415 unit pada Januari hingga September 2014. Lalu, untuk trail dan supermoto-nya tembus 32.026 unit di periode yang sama.

Sedang secara total segmen pasar, motor sport sudah ada di 14,14 persen dari total penjualan sepeda motor nasional. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa