Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Panduan Menebus Honda Tiger Revo Seken Tahun 2011

Dimas Pradopo - Jumat, 18 April 2014 | 10:20 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Image motor turing yang tangguh dan bandel sudah melekat pada Honda Tiger. Sayang, si macan harus dihentikan produksinya sejak awal 2014 silam setelah berusia 20 tahun. Semoga sang penerusnya kelak tetap menjadi legenda. Nah, bagaimana dengan pasaran sekennya, buat yang berniat menebusnya, kami berikan panduannya!

Setelah mengaspal selama 20 tahun di Indonesia, Honda Tiger cukup mengambil banyak hati khususnya para petualang dan pecinta turing. Keandalannya melibas segala macam kontur jalan dan kemudahan subtitusi spare part-nya membuat motor ini siap diajak ke mana saja.

Berhubung PT Astra Honda Motor sudah tidak menjualnya dalam kondisi baru, salah satu jalan untuk memiliki motor ini dengan cara membeli dalam kondisi seken. Sebelum membayar, baiknya cek beberapa bagian terlebih dahulu.

“Cek kondisi rantai keteng, kampas kopling dan dudukan gir belakang,” jelas Harry, mekanik AHASS 908 PT Murni Putramas yang berlokasi di Jl. Margonda Raya No. 273 Depok, Jawa Barat.


No caption
No credit
No caption

Lampu depan model asimetris, bergaya ala motor Eropa. Jok cukup nyaman untuk perjalanan jauh. Tutup tangki masih model lama, berpotensi kemasukan air. Lampu belakang sudah Led dengan mika bergaya smoke

Untuk mengetahui kondisi rantai keteng, bisa didengar dari suara mesin. Jika terdengar cukup kasar, kemungkinan sudah kena, dan biasanya terjadi pada motor di atas usia 1 tahun. Jika di atas 2 tahun, bagian yang perlu dicek yaitu kampas kopling. Kalau sudah tipis motor terasa selip saat dikendarai dan lebih boros bensin.

Buat yang berusia di atas 3 tahun, coba cek dudukan gir belakangnya. “Kalau sudah kena, saat roda diputar gir seperti oblak karena dudukannya sudah aus,” tambah mekanik ramah ini. Memperbaikinya bisa bawa ke tukang bubut agar dudukan gir kembali presisi.

No caption
No credit
No caption

Karet footstep mulai tipis seiring usia pakai. Putar roda belakang, pastikan putaran gir masih normal

No caption
No credit
No caption

Pastikan piringan rem belum termakan. Jika terdengar suara kasar di head silinder, kemungkinan rantai keteng kena

Selebihnya cukup perhatikan komponen kelistrikan, sebab Tiger sudah menganut sistem DC. Jadi pastikan kondisi aki selalu prima agar lampu, klakson dan lainnya bekerja normal. Jangan lupa cek komponen fast moving-nya juga.

Ngomongin harga, Honda Tiger Revo lansiran tahun 2011 ini berkisar Rp 16 juta sampai Rp 17 juta. Harga tersebut juga kembali pada kondisi motor itu sendiri. (motor.otomotifnet.com)


Estimasi harga:  Rp 16 - 17 jutaan

KEKURANGAN
1. Suara rantai berisik
2. Tutup tangki bensin rawan kemasukan air
3. Mesin kurang bertenaga

KELEBIHAN
1. Mesin bandel dan mudah dirawat
2. Riding position nyaman
3. Spare part copotannya banyak diburu


Daftar fast Moving :
Busi Rp 12.000
Kampas rem depan Rp 44.000
Kampas rem belakang Rp 41.500
Gir set Rp 820.000
Oli mesin Rp 42.000
Filter udara Rp 57.000
Aki Rp 277.000
Rantai keteng Rp 75.500
Kampas kopling Rp 80.000 /set
Sumber: AHASS 0001 Astra Motor Jakarta, Jl. Dewi Sartika No. 255 Cawang, Jakarta Timur. Telp. 021-8015555 / 021-46468888

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa