Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Memilih Motkas Yamaha Nouvo Z 2005, Harganya Masih Rp 7 Jutaan!

Dimas Pradopo - Sabtu, 29 Maret 2014 | 18:19 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

 “Bisa dibilang Nouvo merupakan pelopor skutik asal Jepang pertama yang hadir di Indonesia. Fitur hel­­m-in juga sudah ada pada motor ini sejak tahun 2002.”
Jakarta - Dulu dibuang kini disayang, mungkin itu perumpamaan yang tepat diberikan untuk Yamaha Nouvo yang beredar di Indonesia. Bagaimana tidak, pada awal kemunculannya motor ini kurang mendapat respon positif oleh masya-rakat, sehingga resale value-nya pun terjun bebas. Tapi, akibat korban tren modifikasi beberapa tahun belakangan, motor ini kembali dicari dan harganya melambung tinggi.
No caption
No credit
No caption

Spidometer berdesain simpel dan mudah dipantau
Meski begitu, tetap perhatikan dengan seksama sebelum meminang motor yang modifable ini, karena usianya sudah mulai menua. “Jeroan CVT biasanya sudah mulai bermasalah, mulai dari getar saat dikendarai atau terdengar dengungan suara,” ungkap Jenggo, mekanik sekaligus owner Jeng’s Speed yang berlokasi di Ciganjur, Jaksel.

Jika sudah begitu, kemungkinan besar datang dari sleading sheave belakang yang mulai bermasalah. Harga spare part-nya juga tergolong mahal, bisa mencapai Rp 1 jutaan.

No caption
No credit
No caption

Perhatikan kondisi sil sokbreker depan, pastikan tidak ada rembesan oli di as sok. Master rem kerap bagel, agak keras saat direm. Bagasi di bawah jok muat satu helm dan jas hujan. Karpet injakan kaki rawan dicuri karena mulai langka.
Kondisi kaku-kaki juga perlu dicek, maklum jam terbangnya sudah tinggi ditambah pula dengan kondisi jalan yang kurang layak di Ibukota. “Sil sokbreker tergolong rawan bocor jika kerap melewati jalan berlubang, khususnya pada bagian depan yang sering terjadi,” tambah mekanik ramah ini.

Yang tak kalah penting cek kinerja rem depan, biasanya akibat usia pengereman sudah kurang prima. Kerap ditemukan remnya terasa magel saat dipakai. Solusinya bisa servis dan kuras master rem, jika silnya sudah bocor langsung segera diganti.
No caption
No credit
No caption

 Jok lebar dan nyaman saat sendiri atau boncengan. Karet ban sudah mulai botak karena jam terbang tinggi
Untuk nilai jual, motor ini harganya sudah tergolong gelap di pasaran. Jika kondisi masih oke dan layak jalan, Yamaha Nouvo Z lansiran tahun 2005 masih berkisar di Rp 6-7 jutaan. Harga tersebut kembali lagi pada kondisi motor, bisa lebih murah atau lebih mahal.  (motor.otomotifnet.com) 

Estimasi harga:Rp 6 juta - Rp 7 juta

KEKURANGAN
1. Spare part agak mahal
2. Perhatikan jeroan CVT

KELEBIHAN
1. Roda ring 16
2. Volume bagasi muat helm dan jas hujan
3. Part modifikasi melimpah



MENAKAR BIAYA SERVIS
Untuk mengembalikan motor dalam kondisi prima, tak ada salahnya jika setelah berhasil membawa pulang langsung melakukan pengecekan dan servis ke bengkel resmi. Buat perawatan rutinnya, dianjurkan melakukan setiap 2.500-3.000 km.

Buat servis ringan biaya yang dikenakan sebesar Rp 37,5 ribu. Menunya meliputi pembersihan karburator, penggantian oli, pengecekan komponen kelistrikan serta rem dan banyak lainnya. Jika ingin lebih puas lagi, bisa lakukan servis besar yang biayanya Rp 175 ribu. Nantinya head silinder akan dibongkar dan dibersikan. Biaya tersebut hanya jasa servis saja, belum termasuk penggantian part.


Khusus untuk skutik yang bertransmisi otomatis, servis dan pengecekan CVT sudah menjadi menu wajib yang dilakukan secara berkala. Mulai dari pengecekan puli, roller, belt dan lainnya diharuskan agar kondisi motor tetap prima. Biaya jasa servis CVT hanya dikenakan Rp 45 ribu saja.

Harga Komponen

Busi Rp 13.500
Kampas rem depan Rp 74.000
Kampas rem belakang Rp 43.000
Oli mesin  Rp 32.500
Oli gear Rp 10.000
Roller Rp 13.000 x6
Belt Rp 73.000
 Sumber: Wijaya Motor Yamaha, Ruko Lubang Buaya, Jl. Raya Pondok Gede Blok J/K No. 18, Jakarta Timur. Telp. 021-8411355


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa