Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

New Vega R 2007 (Second), Sang Idola Segmen Bebek Low End

Editor - Selasa, 27 April 2010 | 06:57 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - New Vega R merupakan jagoan Yamaha untuk pasar bebek low end. Bersaing dengan Honda Supra Fit dan Suzuki Smash. Jangan heran jika harganya cukup terjangkau.

Secara penampilan tergolong futuristik dengan garis melengkung tajam. Lampu depan didesain lancip dengan pencahayaan tergolong terang.

Di baliknya terdapat spidometer yang cukup sederhana namun lengkap. Ada indikator posisi gigi, lampu jauh, sein yang jadi satu dan indikator bensin.

Mengusung mesin dengan volume bersih 110,3 cc, didapat dari diameter x langkah piston 51 mm x 54 mm. Karakter mesinnya bertorsi besar di putaran bawah, cocok untuk jalanan menanjak atau perkotaan.

Pengendalian tergolong ringan dan lincah jadi mudah diarahkan. Ramuan sasis dan suspensi teruji sejak era Yamaha Force-1. Pengereman depan dengan cakram piston tunggal, dan teromol di belakang tergolong pakem.

Suspensi belakang bawaan motor cenderung mudah bocor. Jika me­nemukan unit yang demikian, baiknya lirik yang lain, atau siapkan dana ekstra untuk menebusnya sokbeker baru agar saat digunakan tetap nyaman.

“Kekurangan lainnya tensioner keteng mudah keras. Kalau sudah begitu timbul bunyi berisik, tinggal ganti baru pasti halus lagi,” terang Anggi, mekanik bengkel Rudi Jaya Motor di kawasan Ciputat, Tangerang.

Lanjutnya, lantaran telah berumur 3 tahun maka perlu dilakukan servis besar. Banyak bagian lain yang perlu dicek, di antaranya kondisi ruang bakar, kopling, sampai sektor kaki-kaki dan tak lupa komponen keselamatan, yaitu rem.

Jika tak ingin keluar biaya banyak, cari unit yang masih segar baik mesin, kelistrikan, kaki-kaki juga bodi. Tak salah jika saat beli bawa mekanik berpengalaman dan lakukan tes jalan, juga minta garansi.


Orisinal KW
Kampas rem depan 75.000 25.000
Kampas rem belakang 39.000 25.000
keteng
56.000 -
Piston kit
96.000 75.000
Karet tromol
12.000 7.000
Gear set
132.000 75.000
Kampas kopling
81.000 -
Sumber: Jaya Motor Jl.Palmerah Utara No.96B Jakbar 021-5485766

Penulis/Foto: Aant / Aant

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa