Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha X-Ride Buat Off Road, Harus Ganti Ban!

Dimas Pradopo - Selasa, 22 April 2014 | 13:40 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sentul – Kondisi trek off road yang licin dan penuh rintangan tentu berbeda ketimbang  melintasi jalan raya beraspal mulus. Namun bukan berarti skutik sekelas Yamaha X-Ride nggak boleh ikutan menggaruk tanah. Nah, agar mumpuni di trek off road sebaiknya ikuti langkah berikut.

“Utamakan modifikasi kaki-kaki. Paling minimal dengan mengganti ban standar dengan model pacul berukuran kombinasi 17 inci di depan dan 14 inci di belakang,” tutur Pieter Tanujaya, instruktur di ajang Coaching Clinic Extreme Ride Adventure Challenge (X-Race) di Sentul akhir pekan lalu.

Menurutnya, penggunaan ban pacul dibutuhkan untuk mendapatkan traksi di lintasan tanah atau lumpur. “Ya bakalan licin kalau pakai ban aspal. Bukan hanya hilang traksi, tapi juga pengendalian akan semakin sulit,” ujarnya.


Sementara pemilihan ukuran 17 inci di depan bukan hanya ditujukan untuk menambah ground clearance motor, tapi juga menambah tapak permukaan ban di tanah saat melintas gundukan. “Kalau tetap pakai 14 inci, tentu permukaan yang menapak tanah lebih sedikit ketimbang 17 inci,” jelas Pieter.

Sedangkan kombinasi ban 14 inci dibelakang lebih ditujukan pada sisi fungsional. “Kalau paksakan pakai 17 inci, ban akan mentok boks filter udara. Dan lebar ban juga nggak akan maksimal karena akan mepet ke suspensi,” ungkap pria ramah ini.

Dan jangan lupa catat tanggal dan lokasi X-Race 2, yakni tanggal 10-11 Mei nanti di Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung. Kegiatan adventure off road dengan skutik Yamaha X-Ride ini sudah bisa didaftar secara online di www.xraceindonesia.com. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa