Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Drysdale 750-V8 1996, Superbike Gokil Bermesin V8!

Dimas Pradopo - Selasa, 11 Maret 2014 | 10:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Australia  - Era 90-an memang dikenal sebagai masa ‘uji coba’ motor-motor berteknologi nyeleneh. Salah satunya Drysdale 750-V8 yang berasal dari sebuah garasi Australia ini.

Yup, Drysdale 750-V8 ini dibangun oleh Ian Drysdale pada tahun 1996 di garasinya. Motor ini memiliki sederet kelebihan ketimbang motor V8 lainnya. Paling kentara dari dimensinya yang kompak dan tak jauh berbeda dari superbike ‘normal’ sekelas Honda VFR1000R atau Suzuki GSX-R.

Hal ini membuat kesulitan perhitungan ruang mesin semakin besar. Karena kebanyakan motor bermesin V8 seperti Simca dan BossHoss mengandalkan bodi chopper yang tinggal dipanjangkan ruang mesinnya agar mampu menampung jantung tersebut. 

Oleh Ian, mesin Drysdale 750-V8 dikembangkan dari crackcase buatan Magnesium Technology dipadu head Yamaha FZR 400. Girboks dan kopling mengandalkan Suzuki dan Kawasaki yang dirahasiakan serinya. Sementara sistem injeksinya dipesan khusus dari Motec dan Bosch. Tiap silinder diisi oleh empat valve. Hasilnya, meski hanya berkapasitas 750cc, tapi Drysdale 750-V8 memiliki total 32 valve!


Oiya, semburan tenaganya 160 dk di 19.000 rpm dan disalurkan lewat transmisi 6-speed. Konfigurasi knalpotnya juga unik, yakni 8-2.

Urusan bodi, Drysdale 750-V8 dibekali tampilan yang diminati saat itu, dengan fairing yang dilengkapi sepasang headlamp bulat. Tetapi fairingnya tak menutupi mesin, agar pendinginannya maksimal. Sebagai gantinya, desain unibodi antara fairing, tangki dan buntut belakang terlihat di sini. Hal ini mengingatkan kita pada sosok superbike Britten yang juga lahir dari garasi.

Tak ada penjelasan dari Ian mengenai total produksi Drysdale 750-V8. Yang jelas, saat itu dirinya berani membanderol motor tersebut seharga 100.000 Dolar Australia, atau sekitar Rp 1 milyar. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa