Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kenali Ciri Helm SNI Palsu, Biar Enggak Salah Beli

Dimas Pradopo - Rabu, 12 Februari 2014 | 10:31 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta – Saat ini, peraturan pemerintah mewajibkan helm yang dijual dipasarkan lulus uji SNI. Namun faktanya banyak helm yang dipasarkan hanya memiliki logo SNI, bukan lulus hasil uji SNI. Lalu bagaimana membedakannya? Yuk tengok.

“Awas, jangan tertipu saat ini banyak helm yang dipasarkan dengan logo SNI, tapi tak lulus uji SNI. Ini berbahaya bagi penggunanya,” buka Tatap Firdaus, Marketing Helm AHRS Cargloss.

Menurutnya cara membedakan helm SNI palsu paling gampang dilihat melalui bentuk dan warna shell atau cangkang helm. “Kalau SNI asli terlihat lebih kokoh karena bahan baku plastik baru, warna plastiknya lebih solid. Karena bijih plastiknya baru dengan warna dasar putih. Sementara SNI palsu bijih besinya berwarna hitam karena terbuat dari plastik bekas yang seperti ember bekas. Kekuatannya akan berbeda,” urainya panjang lebar.

Selain itu, panel visor atau kaca helm di helm SNI palsu biasanya terbuat dari akrilik yang mudah pecah. Sehingga membahayakan penggunanya. “Kalau visor helm SNI asli biasanya terbuat dari bahan polycarbonate yang lentur. Sehingga kaca nggak langsung pecah,” tutur Tatap.

Nah, tak hanya tampilan luar. Pada bagian dalam helm, produk SNI palsu juga memiliki kelemahan. “Ukurannya biasanya asal-asalan. Memang sepintas ada perbedaan antara size S, L atau XL. Tapi tak perlu lama dipakai, ukuran busa akan cepat kempes dan oblak saat dipakai.”

Tak ketinggalan, langsung cek chain strap alias tali helm dan kuncinya. “Jika SNI asli, kunci tali helm tak mudah lepas. Apalagi sampai tali putus, sudah jelas helm tersebut nggak lulus SNI,” pungkasnya. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa