Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin Toyota Avanza Terbaru, Antara Efisiensi BBM dan Harga Jual

Jumat, 5 Juni 2015 | 12:20 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Sokongan mesin pada Toyota Avanza terbaru masih menjadi teka-teki. Sumber OTOMOTIFNET menyebut mesin masih menggunakan bassis yang sama. Kalaupun ada penyesuaian, tergantung dari strategi Toyota Astra Motor dalam memasarkan low MPV ini.
 
Kuncinya ada pada kata 'Efisiensi'. Toyota memang harus memilih, mau efisien pada konsumsi bahan bakar yang selama ini menjadi konsen dari para pengguna mobil, atau juga efisiensi biaya produksi agar tidak membuat bengkak harga jualnya nanti, apalagi kita tau pasar mobil sedang lesu.
 
Mesin Toyota Avanza terbaru sendiri, masih dibuat oleh Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagaimana sudah dikonfirmasi OTOMOTIFNET langsung ke Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra. "Xenia dan Avanza masih dibuat oleh ADM," tegas Amelia.
 
Dengan basis mesin yang sama, 3SZ-VE, berkapasitas 1.495cc dan K3-VE, dengan kapasitas 1.298cc, Toyota bisa melakukan efisiensi bahan bakarnya dengan asupan teknologi baru, kemungkinan kabarnya Dual VVT-i seperti pada Toyota Corolla Altis, namun konsekuensinya harga jual pasti jauh lebih mahal dari saat ini.
 
Dengan mesin yang sama, Toyota hanya tinggal mengganti head silinder-nya saja guna menyesuaikan dengan konfigurasi Dual VVT-i, sehingga hanya kode huruf belakangnya saja yang berubah. Tentu biayanya sedikit lebih murah ketimbang menggunakan platform mesin yang benar-benar baru, seperti yang kabarnya sedang dibuat Toyota Motor Manufacturing Indonesia, tapi katanya bukan untuk Avanza-Xenia.
Mesin Toyota Avanza Terbaru, Antara Efisiensi BBM dan Harga Jual
Mesin Toyota Avanza Terbaru, Antara Efisiensi BBM dan Harga Jual
Mesin Toyota Avanza terbaru tanpa ada tulisan Dual VVT-i
 
Atau dengan kepercayaan tinggi akan kehandalan mesin yang selama ini digunakan, Toyota bisa dengan leluasa mengatur kisaran harga jualnya agar tidak kemahalan, meski dengan embel-embel minor change atawa facelift dan sejenisnya. Ini jauh lebih murah dari penyematan Dual VVT-i, apalagi dengan penggantian platform baru. Yang jelas slogan 'mobil baru harga lama' masih menjadi senjata marketing ampuh sampai saat ini.
 
Kemungkinan tetap mengusung mesin yang sama juga diperkuat dengan drastisnya ubahan tampang Toyota Avanza terbaru, yang jelas bakal menjadi nilai lebih bagi konsumen dan sedikit melupakan soal update mesin. Belum lagi, interior yang kabarnya juga ikutan berubah.
 
Sehingga, rasanya terlalu sayang kalau Toyota 'sengaja' menaikkan level Avanza dengan memberikan teknologi baru pada mesinnya, yang sejauh ini sudah diakui cukup handal, baik performa, ketahanan sampai konsumsi bahan bakarnya.
 
Akan lebih baik kalau Toyota justru menaikkan level Avanza dengan memperkuat fitur keselamatan, seperti dual airbags yang sudah pasaran, rem ABS dan EBD. Juga fitur-fitur penunjang hiburan di kabin, yang bakal memanjakan penumpang mobil keluarga dari Toyota ini.
 
Karena ketiga faktor tersebut (fitur keselamatan, entertainment dan harga jual) selama ini masih menjadi konsen dari para pengguna mobil keluarga di Indonesia. Setelah ketiga faktor tersebut terpenuhi, barulah konsumen mencari tau, seberapa unggul teknologi mesin Toyota Avanza?
 
Dan kalau Toyota sering menyebut Avanza adalah mobil 'dari, oleh dan untuk' masyarakat Indonesia, maka sudah sewajarnya kalau suara konsumen tersebut didengarkan. Mau pilih yang mana Toyota? (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa