Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Audio Mazda CX-5 2014, Percaya Boks Aeroport

Dimas Pradopo - Selasa, 13 Januari 2015 | 07:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Iseng-iseng ikutan kompetisi, malah dapat first runner up kategori SQL Outlaw

Jakarta - Sebetulnya sang owner, Frendy Haryanto tidak begitu suka ikutan kompetisi audio. "Memang tidak hobi kontes, tapi dipanas-panasin sama installer, ya akhirnya coba masuk kelas SQL Outlaw," terang pemuda yang tinggal di Pademangan, Jakpus.
No caption
No credit
No caption

- Head unit Alpine paling banyak dipakai untuk SQ 

Tak sekadar bangun untuk kontes EASCA saja, namun kendaraan ini diperuntukan mobilitas sehari-hari. Instalasi diserahkan pada Audio Creations di kawasan Mega Glodok Kemayoran, Jakpus. Tantangan terberat justru diakui oleh Boy Maura sebagai installer adalah meyakinkan Frendy, bahwa dengan sistem seperti ini dapat bersaing kompetitif dengan produk-produk brand ternama.

Kelas SQL tentu membutuhkan setting boks presisi sesuai dengan kapasitas bagasi dan spesifikasi subwoofer. Mendapatkan desibel yang tinggi tapi tetap enak didengar merupakan tantangan tersendiri. "Saya percaya desain boks ported dengan model PNR atau sering juga disebut aeroport," ujar installer yang sudah berpengalaman sejak tahun 2006.
No caption
No credit
No caption

-Casing power sengaja dibuka agar lebih adem 

Karakternya membuat suara bass lebih baik dibanding port konvensional dan mengurangi distorsi. Desain semacam ini bisa cocok digunakan untuk SQ dan SPL, tentunya tidak masalah diaplikasi pada SQL.

"Desain boks buat saya cukup nyeleneh, tapi hasil desibel yang diraih sangat memuaskan, berhasil mencapai 137,5 db dengan CD lagu biasa bukan CD test EASCA dengan pengukuran di luar, bukan dalam kabin," ujar Frendy yang baru berusia 25 tahun ini.

- Mid range dan tweeter belakang dibuatkan boks, membantu menaikkan desibel

Ada hal menarik di speaker depan. Tepatnya pada mid range dan tweeter depan yang terlihat digantung pada pilar A. Model seperti ini inspirasi dari home audio. "Dengan memasangkan tweeter diantara mid range, suara yang dihasilkan bakal lebih lebar, depth dan vokal lebih jelas pastinya," terang Boy. Lumayan iseng-iseng berhadiah. • (otomotifnet.com)


Data Modifikasi
In Car Entertainment: Head Unit Alpine IVA W520E Processor Alpine PXHA 800 Power Amplifier Gramond 4 Channel Gain Clone Series Power Amplifier Gramond4 Channel MLT Power Amplifier Prokick PK4000DL Speaker Depan Gramond D'Appolito R2 Speaker Belakang Gramond 2 Way R1 2 Set Mid Range Belakang Gramond Aplha 1 Set Subwoofer MTX Baby Jack Hammer 9500 12 Inci Kabel Synchronize + Synergy

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa