Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All New Suzuki Swift 2014, Audio Kejutan Buat Istri

Dimas Pradopo - Kamis, 18 Desember 2014 | 15:06 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Keinginan istri yang hanya minta ditambahkan monitor, berujung ‘paket kejutan’

Jakarta - Antonius Reza Suwandi, sudah lama main audio. Enggak heran Lisa, sang istri menyerahkan urusan car entertainment ke dirinya.“Awalnya cuma minta tambah monitor,” senyum Reza yang setibanya di gerai Dynamic Autosound di Kelapa Gading, Jakut langsung terpikir memberikan kejutan untuk istrinya.

All New Suzuki Swift ini dipilih peranti berkelas. “Request-nya aliran SQL, supaya enggak makan tempat di bagasi” jelas Moelyadi Susanto, sang instalatur. Head unit standar yang aslinya terintegrasi dengan dasbor, diganti Alpine IVE-W535 EBT dengan dudukan baru.

Koneksi ke steering remote di setir asli dapat langsung terhubung berkat tambahan modul. Sementara processor Alpine PXA H800 diandalkan agar kualitas suara lebih presisi. Penempatannya tersembunyi di laci.Semua speaker di keempat pintu dinonaktifkan. 

Begitu juga tweeter bawaan pada frame pintu depan. Gantinya di pilar A ditempatkan mid range MPZ Studio 100 dan tweeter Micro Precision yang dibuatkan dudukan baru. Lalu pada rumah speaker di pintu depan, diisi speaker Focal Kevlar yang diposisikan sebagai mid bass.

Penerapan metode 3-way pada kabin depan seperti ini punya keunggulan tersendiri. Selain suara lebih jernih dan terpusat di tengah kabin, diakui Reza, mid bass menjadi lebih keluar. Ditambah desain dasbor turut mendukung poin lebih di aspek staging.

Nah untuk mendorong keluaran suara, didukung dua unit power amplifier. Pertama yakni Crescendo Individual Sonata 6 channel khusus untuk mid range dan mid bass. Sementara Genesis dual mono 2 channel diandalkan untuk subwoofer Hertz Energy lingkar 8 inci.

“Main aktif, jadi enggak pakai x-over,” sahut Mulyadi. Semua perangkat ini dikemas apik dalam kemasan boks yang ditempatkan di kabin paling belakang. “Karena mempertahankan space bagasi, makanya power pakai yang kecil,” lanjut Mulyadi lagi.Impresi kualitas genre SQL sangat maksimal lewat vokal Norah Jones yang kaya nada akustik. 

Walaupun hanya menggunakan sebuah subwoofer, tetap ‘nendang’ karena keuntungan hatchback yang menyatukan area bagasi dengan kabin. Kini jadi lebih sering jalan-jalan bareng naik mobil istri deh. So sweet... • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

-Kombinasi HU Alpine IVE-W530EBT dan processor Alpine PXA-H800 menghasilkan kualitas suara yang presisi

No caption
No credit
No caption

-Sengaja pilih power amplifier model slim, agar praktis dan menyisakan area di bagasi


-Mid range MPZ Studio 100 dan tweeter Micro Precision jadi kombinasi yang pas di pilar A

Data modifikasi
Head Unit Alpine IVE-W535 EBT Bluetooth
Processor PXA H800 Alpine
Mid range MPZ Studio 100
Tweeter MPZ Studio
Mid bass Focal Kevlar 6 inci
Power Amplifier Genesis dual mono 2 channel
Power Amplifier Crescendo Individual Sonata Six model slim 6 channel
Subwoofer Hertz Energy 8 inci
Capasitor bank Flux
Kabel speaker Cardass
Kabel RCA Harmonic Harmony Concerto
Peredam Checkmat
Pelek Sparco Asetto Gara Bronze 16 inci
Ban Bridgestone Turanza 185/55-R16

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa