Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Ertiga Gaya JDM Racing, Maskot Toko Carisma Automodified

Rabu, 15 Oktober 2014 | 08:08 WIB
No caption
No credit
No caption



No caption
No credit
No caption

Ketika kebutuhan transportasi keluarga bisa dibarengi penyaluran hobi

Beruntung bagi Ivan Surya Putra, kegemarannya mengutak-atik mobil didukung penuh sang istri. Apalagi, sebagai pemilik gerai Carisma Automodified, semua kreasinya bisa ditangani sendiri.

Suzuki Ertiga GX lansiran 2013 pun jadi buah kreativitasnya. “Saya mau buat aliran JDM racing,” tegas pria yang buka toko di Jl. MT. Haryono, Balikpapan, Kaltim ini.

No caption
No credit
No caption

Area depan berkesan balap, area belakang ada entertainment untuk sang anak


Kelir bodi putih asli pabrikan dinilai sudah mendukung tema ubahan. Agar lebih berkarakter, Ivan mencomot seperangkat body kit add-on berlabel Radius yang punya material plastik. Paling mencolok di eksterior yakni kap mesin baru berbahan karbon fiber. "Mesti cetak khusus, enggak ada yang jual jadi," ujar ayah satu anak ini.

No caption
No credit
No caption

Mesin yang sudah berdandan diimbuhi strut bar, selain eye-catching
juga bikin lebih stabilSuzuki Ertiga GX 2013


Beres di bodi, tak lengkap jika kaki-kaki tidak dijamah. Pelek dipilih Spoon Regamaster 18x8 inci. "Asal cari yang offset-nya ke dalam dan ban pakai size 215/40R18, aman!" ujarnya membagi resep.

Karena menganut aliran racing, sumber tenaga ikutan dibenahi. Utamanya di saluran pembuangan, header konfigurasi 4-2-1 diandalkan. Dilanjutkan dengan down pipe custom yang diakhiri muffler 5zigen. Peranti penunjang performa lainnya turut disertakan, antara lain oil catch tank Cusco, air compresor HKS, saringan udara model terbuka dari K&N carbon, air funnel dan intercooler merek Apexi, serta ground wire Hurricane.

No caption
No credit
No caption

Ruang roda padat berkat pemilihan offset yang tepat. Per dipotong beberapa ulir agar matching


Output yang dihasilkan diklaim jauh lebih baik dari kondisi standar. "Memang belum dyno test, yang pasti akselerasi lebih spontan, tarikan atas lebih panjang," tutur ayah dari Evan Morgan ini. Puas di mesin, giliran interior juga kena jamah.

Nuansa street racing kentara dari pemasangan deretan panel meter Defi di dasbor. Lingkar kemudi OMP serta beberapa pernik lain berlabel sama.



Kalau sudah begini, semua kebutuhan terakomodasi, dari mulai hang-out bersama komunitas Option Balikpapan, jalan-jalan sekeluarga hingga ikutan kontes modifikasi skala lokal. Enggak heran gelar Best Suzuki disabetnya. Satu lagi, kini tugasnya bertambah menjadi maskot toko miliknya.

Good job, Bro! (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa