Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Meski Konsep Daily Use,Honda Estilo Ini Berani Ditantang Ngebut

Sabtu, 5 Juli 2014 | 12:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 

Jakarta - Pada awalnya, rasa putus asa dialami Dion Budiyanto ketika membangun hatchback lansiran 1992 ini. Keputusan terbaik saat itu, dipindah tangankan kepada orang lain.

No caption
No credit
No caption

Jok Recaro SR3 berkelir merah. Aman untuk balap, nyaman untuk harian

"Dulu sudah putus asa bangun ini. Tadinya mesin H series sudah mau terpasang, tapi teman menganjurkan pakai K series saja. Jadi ini seperti proyek yang tertunda," ujar ayah 2 orang anak ini. Soalnya, sebagai seorang pengusaha peternakan di Kalimantan, Dion enggak bisa memantau perkembangan mobilnya dari waktu ke waktu.

Dijejalkan mesin dengan kode K20A, yang notabene, mesin ini aslinya milik Honda Civic Type-R maupun Integra Type R. Bukan hanya ganti segelondong mesin, jeroan pun ikut dioprek.

No caption
No credit
No caption

 
Mesin K20A yang menembus angka 301 dk ini terlihat lowong, karena aki diletakkan pada bagasi.

"Konsepnya daily use. Tampilan seperti kendaraan harian, tapi asyik diajak ngebut. Makanya ubahan yang gue lakukan enggak mau aneh-aneh," cerita pria kelahiran Banjarmasin ini.

Jeroan mesin yang tak lagi standar yakni camshaft lansiran Drag Cartel, dan piston yang dipesan khusus agar menghasilkan kompresi tinggi. Header dengan konfigurasi 4-2-1 keluaran K-Tuned pun dipilih. Tetapi, ini didesain untuk posisi menyetir sebelah kiri.

No caption
No credit
No caption

Coilover Tanabe Pro5 dipilih karena salah satu sokbreker terbaik untuk street use

Saat dipasang untuk setir kanan, tentunya posisi header terlalu dekat dengan master dan booster rem. Maka dari itu, butuh penyesuaian pada saat pemasangan.

Selesai urusan mesin, lanjut ke penerus tenaga. "Yang paling sulit yakni menentukan rasio gigi. Karena targetnya untuk dipakai sehari-hari, traksi dan speed harus balance. Maka suspensi, rasio gigi dan power mesin juga harus seimbang," jelas Andre Pratama, dari E-Worx, di bilangan Palmerah, Jaksel yang dipercaya untuk menggarap proyek ini.

No caption
No credit
No caption

 
Pelek order langsung dari Jepang. Tapak depan lebih lebar agar traksi selalu maksimal

Pun begitu ketika Dion ingin traksi selalu maksimal ke aspal. Hasilnya, wide body sebesar 2,5 cm pun dilakukan agar pelek Advan RZ 16 inci yang dipesan langsung dari Jepang muat di sepatbor. Lebar pelek juga harus disesuaikan dengan besaran tenaga mesin. Akhirnya, terpilih pelek lebar 8 inci untuk depan dan 7 inci di belakang.


Pintu bagasi dipilih bahan carbon fiber. Lebih enteng dan sesuai dengan tema yang diusung

"Sengaja untuk depan lebih lebar. Karena mengejar traksi. Kalau enggak gitu, ban depan selalu overspin saat start drag race," jelas Dion. (Mobil.Otomotifnet.com)


DATA MODIFIKASI :
Mesin JDM Type-R K20A Engine Piston Custom Lightweight Forged Piston Camshaft Drag Cartel Camshaft Header K-Tuned K-Swap Header Exhaust Skunk2 Catback Exhaust Throttle Body Skunk2 Throttle Body Pulley ATI Crankshaft Pulley Intake Custom Short Ram Air Intake System Radiator Griffin EG Wide Radiator Engine Mounting Hybrid Racing K-Swap Engine Mounting, ECU AEM Gear ratio Custom Forged Gear Ratio Kopling Exedy Hyper Single Racing Clutch Kaki-kaki Pelek Advan RZ 16x8-7" Ban Toyo R888 225/45R16 Depan, 205/45R16 Belakang Suspensi Coilover Tanabe Pro 5 Rem Spoon Sports Disc Brake, Spoon Sports Monoblock 4-Pot Front Brake Caliper Kampas rem Endless Brake Pad Lower arm Blox Rear Lower Control Arm Chamber kit Skunk2 Pro Chamber Kit Bushing Energy Suspension Eksterior Fender Custom Wide Lips depan OEM Front Lips Spoiler belakang Spoon Sports Spion JDM Retractable Side Mirror Interior Jok JDM DC2 Type-R Recaro SR3 Seats, Hybrid Racing Adjustable Shifter, JDM Center Console, JDM Cluster.

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa