Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Camry 3.5l 2007, Minor Changes Fungsional

billy - Minggu, 21 April 2013 | 15:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Membangun sedan mewah seperti Toyota Camry jelas ada tantangan tersendiri. Sebut saja Mr X, pemilik Camry 3.5L tipe Q lansiran 2007. Sebabnya, custom part untuk Camry jelas tak sebanyak varian lain yang jamak beredar. “Agak malas juga kalau musti custom gitu, menyita banyak waktu,” ujar warga Pantai Indah Kapuk, Jakut. Karena interior Camry sudah nyaman, konsep modifikasi terdiri dari 3 bagian, yakni eksterior, mesin dan kenyamanan berkendara.

Proyek pertama tentu saja body kit untuk mendongkrak tampilan. Agar lebih berkelas, pilihannya harus opsi orisinal dari Toyota, lengkap dengan ducktail mungil di bagasi. Kini, tampangnya jauh lebih elegan.

Upgrade kaki-kaki jadi proyek selanjutnya. Pelek HRE special order buatan Amerika tipe 546R step lips berdiameter 19 inci, memiliki lebar belang 8,5 inci di depan dan 9,5 inci di belakang. Urusan ban benar-benar dianggap vital, produk Toyo Tires tipe T1R 245/40 R19 di depan dan T1S 275/35 R19 untuk belakang.


Proyek berlanjut ke bagian suspensi, sengaja dipilih jenis coilover supaya lebih mudah mengatur ketinggian. “Tadinya mau pakai air suspension, cuma beberapa teman sering bermasalah. Makanya pakai coilover daripada repot di jalan,” jelas pehobi kuliner ini. Buatan BC dengan 30 klik setelan soft dan hard, menggantikan sokbreker bawaan Toyota.

Puas bermain di kaki-kaki, lelaki 24 tahun ini segera memesan K&N typhoon kit yang memang didesain untuk Camry. Paket ini terdiri dari saringan udara, pipa intake dan boks penahan hawa panas. Saluran pembuangan juga kena sentuh walaupun hanya sebatas muffler dari Remus. Doping berikutnya, Dastek Unichip Q+ yang dipadu dengan Sprint Booster throttle controller. Berdasarkan hasil dyno bengkel RS Tuning, Jaksel, didapat peak power 255,7 dk dan torsi puncak sebesar 408 Nm.

Alhasil, penggunaan pelek besar dengan tenaga besar, harus diimbangi rem mumpuni. Pilihannya seperangkat rem K Sport yang punya 8 piston dengan piringan berdiameter 352 mm. “Pasangnya plug n play. Semua tersedia mulai dari kaliper, piston, kampas rem berikut slang rem braided dan braket,” papar pria yang menggunakan BMW 530i sebagai kendaraan sehari-hari. Tentu harus disempurnakan minyak dari Motul DOT 5.1 di dalam tabung master rem.

Two thumbs up bro!. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa