Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Audio New Daihatsu Sirion, Fokus Buat Daily Use

billy - Rabu, 9 November 2011 | 11:03 WIB
Upgrade Audio New Daihatsu Sirion, Fokus Buat Daily Use
Upgrade Audio New Daihatsu Sirion, Fokus Buat Daily Use

Otomotifnet.com -  Sistem audio New Daihatsu Sirion memang dibikin agak berbeda oleh pabrikannya.

Lantaran sudah mengusung konsep multimedia car audio system, head unit model integrated (menyatu dasbor) ukuran 2-DIN mesti bisa bersinergi dengan speaker yang terfokus untuk daily use ini. Sehingga nantinya dapat memudahkan penggunanya, namun tidak mengurangi kualitas suara yang dihasilkan.

Jika melihat spesifikasi bawaan head unit standar New Sirion, memang tak jauh beda dengan tipe terdahulu. Seperti sudah dilengkapi fitur Bluetooth lengkap dengan opsi caller ID, yang bisa dimanfaatkan oleh pengemudi jika ingin tetap berkomunikasi lewat ponsel tanpa perlu memegangi ponsel lagi.

Namun bila tak puas dengan layanan yang tersedia pada head unit OEM New Sirion, boleh saja mengupgrade-nya pakai head unit monitor berukuran sama (2 DIN). Pastikan fitur yang ada pada driver pengganti tidak di bawah spesifikasi head unit standar, supaya tidak mengurangi aspek utilitas yang sudah tersedia sebelumnya.

Tentunya jika ingin mengganti head unit standar dengan versi monitor, meski melakukan sedikit ubahan agar dapat terpasang sempurna di dasbor.

Menurut Ferdinand R. dari Bronson Car Audio, pemasangan monitor dobel DIN mesti dibarengi pemakaian panel lis yang bisa dibikin secara custom, menyesuaikan celah kosong yang ada di sekeliling panel monitor depan.

Panel lis ini berfungsi untuk menutupi celah di sekeliling dudukan bodi head unit pengganti, supaya dapat membuat tampilannya tetap terlihat rapi.

"Kalau sulit mencarinya di pasaran, lis panel bisa dibikin sendiri mengikuti desain dasbor dan monitor yang akan dipasang nanti," ungkap Tedi sapaan instalatur muda ini.

Opsi lain buat menyempurnakan kualitas tata suara kabin New Sirion, bisa difokuskan lewat penggantian speaker standarnya, supaya dapat menciptakan reproduksi sound secara optimal.

"Secara keseluruhan settingan suaranya tergolong baik, seperti sudah tersedia fitur A2DP," pungkas Tedi.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa