Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jajal Japan Car of The Year 2014, All New Mazda2 di Sirkuit

Kamis, 11 Desember 2014 | 07:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Sentul - Agar nggak semakin banyak yang penasaran gimana sensasi mengendarai All New Mazda2 yang sudah mengusung teknologi SKYACTIV, PT Mazda Motor Indonesia mempersilakan otomotifnet.com untuk lebih mengenal Japan Car of the Year 2014 ini. 

Nggak mau nanggung, sesi tes digelar di Sirkuit Sentul, Bogor Jawa Barat. Setiap peserta diberikan kesempatan mencoba dua putaran sirkuit. Putaran pertama untuk beradaptasi dan mengenali karakter All New Mazda2, satu putaran lagi saatnya menggenjot habis performa mobil ini.

Sebelum masuk kedalam kabin, terlebih dulu perlengkapan safety driving digunakan. Minimal, kepala otomotifnet.com terlindung helm half-face..hehe. Suhu udara sekitara Sirkuit siang itu (10/12) lumayan panas, mencapai 33 derajat celcius! Tapi begitu masuk kabin All New Mazda2, langsung adem!
No caption
No credit
No caption
Posisi mengemudi nyaman, karena kursi dan setir gampang diatur sesuai selera

Nggak sulit mengatur posisi duduk. Meski pengaturan kursi belum elektrik, namun tidak butuh waktu lama untuk membuat posisi nyaman, karena baik kursi maupun setir, bisa diatur dengan banyak posisi pengaturan sesuai dengan postur otomotifnet.com. Visibilitas juga luas, baik depan, samping sampai belakang. 

Suara mesin 1.5 liter SKYACTIV-D injeksi langsung dengan rasio kompresi ruang bakar 13:1 saat idle nggak kedengeran dari dalam kabin. Mesin ini juga sudah disempurnakan dengan dual sequential valve timing, multi-hole injectors, cavity pistons, dan sistem pembuangan 4-2-1. Kebayang gimana rasanya tenaga 115  dk @6.000 RPM dan torsi 148 Nm @4.000 RPM ketika nanti dibejek. 

Nggak lama kemudian, mobil pun mulai keluar dari pit-stop sirkuit dan menuju lintasan. Wusss.. tarikan pertama lumayan enteng, dan tenaga terasa mengisi disetiap putaran mesin.
No caption
No credit
No caption

Mesin SKYACTIV-G 1.5 liter ini makin galak putaran bawahnya

Sebelum masuk tikungan pertama, Mazda sengaja memberikan sedikit handicap untuk memamerkan handling All New Mazda2. Lincah dan nurut dengan kemauan pengemudi sih, tapi ya sayang di lintasan lurus sirkuit Sentul sampai ada dua handicap. Jadi nggak bisa gas pol!

Menariknya, All New Mazda2 begitu anteng melahap setiap tikungan. Baik tikungan kedua yang tricky, sampai tikungan S kecil dan S besar, pengendalian mobil terbilang tidak menyusahkan. Gaya dorong ke kanan dan ke kiri saat menikung kencang juga nggak begitu terasa.

Nah, sebelum melahap putaran kedua, dipersilakan untuk mengaktifkan Sport-mode, cukup dengan mencolek tombol dikonsol tengah dibawah tuas transmisi. Maka terlihat indikator Sport pada meter cluster. Dan mobil ini siap dibejek lagi. 

Handicap ditengah lintasan, bikin nggak bisa gas pol

Injakan spontan pertama benar-benar bikin adrenalin langsung naik. Mobil lebih agresif dan lincah dari putaran sebelumnya. Torsi putaran bawahnya benar-benar terasa melimpah, bahkan untuk pindah gigi saja, putaran mesin selalu hampir pada posisi red-line dikisaran 6.000-an RPM, sehingga raungan mesin begitu asik didengar, seolah mengajak untuk terus membejek All New Mazda2.

Handling juga lebih kaku, namun asiknya putaran setir tidak ikutan sensitif seperti pedal gas, sehingga mobil ini tetap stabil dan sangat akomodatif saat diajak bermanuver saat kecepatan tinggi. Barulah teknologi SKYACTIV sassis dan bodi terasa bekerja dengan optimal.

Nggak terasa, dihadapan sudah ada marshall yang mengharuskan mobil kembali ke pit-stop. Dua putaran kurang puas juga ya? hehe. Namun, sudah lebih dari cukup untuk mengenal dan merasakan sensasi teknologi SKYACTIV pada All New Mazda2 di lintasan sirkuit Sentul. (mobi.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa