Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Subaru XV, Siap Diantar Bulan Ini

Jumat, 4 Januari 2013 | 14:18 WIB
No caption
No credit
No caption


Setelah tampil perdana di Indonesia International Motor Show (IIMS), bulan September 2012 lalu di Jakarta, respon terhadap Subaru XV termasuk tinggi. Terbukti daftar penginden sudah 304 unit hingga tengah Desember lalu.

Namun, buat para pemesan harap bersabar untuk kehadirannya di rumah. Karena SUV ini baru resmi diluncurkan pertama dari jalur produksi di pabrik perakitannya di Segembut, Malaysia. Atas undangan PT Motor Image Indonesia, APM Subaru di Tanah Air, OTOMOTIF menyaksikan langsung acara CKD rollout-nya.

Hasil produksi kerja sama dengan Fuji Heavy Industry (produsen Subaru di Jepang) itu menjadi mobil yang akan diekspor ke dua negara ASEAN, Indonesia dan Thailand serta pasar lokal Malaysia sendiri.

“Kami sangat yakin XV bisa bersaing dengan SUV seperti Honda CR-V. Karena XV mempunyai teknologi dan fitur lebih tinggi,” beber Glenn Tan, Executive Director Tan Chong International Limited, induk perusahaan Motor Image yang merupakan distributor resmi Subaru di Indonesia, Singapura, Kamboja, Filipina, Cina selatan, Taiwan, Thailand dan Malaysia ini.

Ia mencontohkan, XV mengusung mesin khas Subaru yakni Boxer 4 silinder 16 katup DOHC berkapasitas 2.000 cc dengan transmisi Lineartronic CVT. “XV juga pakai sistem AWD (All Wheel Drive),” tegas Glenn.

Untuk harga, masih sama dengan price list yang dibuka di IIMS lalu. Untuk XV tipe rendah (2.0i) dijual Rp 338 juta dan tipe tertinggi (2.0i Premium) Rp 359 juta (OTR Jakarta).

Kalau dilihat dari harganya, XV memang bertarung dengan New CR-V 2.0L manual (Rp 359 juta) dan otomatis (Rp 370 juta. Hanya saja desain XV tak seperti SUV kebanyakan.

Dari desain bodi contohnya, XV lebih mengarah ke crossover. Namun ground clearance-nya lumayan tinggi yakni 220 mm, lebih tinggi dari SUV di Tanah Air macam Mitsubishi Outlander Sport atau Suzuki Grand Vitara.

Sayang, OTOMOTIF belum dapat merasakan berkendara langsung dengan XV di acara tersebut. Tapi sudah bisa merasakan ada di dalam XV yang betul-betul akan dipasarkan, bukan barang contoh seperti di IIMS lalu.

Berada di balik kemudi dan memandang ke depan XV tipe Premium, tak seperti menaiki SUV. Tapi bak mengendarai crossover Suzuki SX-4. Rendah untuk pandangan ke depan.

Kesan sporty-nya kental sekali berkat nuansa kabin yang berwarna serbagelap. Manariknya, di lingkar kemudi lengkap tersedia pengontrol audio dan cruise control. Lalu, terdapat tilt steering teleskopik dan paddle shift yang dapat dioperasikan ketika tuas persneling dipindahkan ke ‘M’ dari ‘D’.

Coba pindah duduk di bangku belakang. Cukup nyaman dengan balutan leather hitam. Dengkul kaki sama sekali tak menyentuh bangku depan. Untuk 3 orang dewasa agaknya tidak ada kendala untuk duduk di sini.

Namanya mobil yang identik dengan adventure tentu butuh tempat penyimpanan barang mumpuni. Coba buka pintu bagasi belakang, ternyata cukup lega apalagi jika sandaran bangku ditekuk ke depan.

Meski belum tes jalan, tapi impresi pertama saat menyaksikan langsung XV yang akan ‘diberangkatkan’ ke Tanah Air ini tak mengecewakan. Khususnya yang sudah memesan dari September lalu.

Buat konsumen baru? XV bisa menjadi alternatif bagi penyuka SUV atau crossover dengan brand terkenal di kancah reli dunia. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa