Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive Nissan All New Serena HWS, Makin Segar Bertabur Fitur

Jumat, 21 Desember 2012 | 07:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bandung – Ajakan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) untuk menjajal MPV anyar mereka, Nissan All New Serena membuat Otomotifnet.com cukup terpuaskan dengan trek Jakarta – Bandung - Jakarta yang ditawarkan di ajang media test drive pada Selasa – Rabu (18-19/12).
 
Jalur yang biasanya menjadi favorit perjalanan keluarga ibu kota di kala libur, dengan rute Jakarta - Tol Cikampek- Tol Cipularang - Bandung memang memiliki beragam kondisi. Mulai dari macet, jalanan lengang hingga kontur berbukit yang lengkap dengan tanjakan dan turunannya dirasa cocok untuk mengetes mobil keluarga ini. Nah, bagaimana sensasinya? Yuk, lanjut.

Tapi sebelum menguji kemampuan All New Serena, tentu lebih asik jika kita menikmati pengembangan desain yang dilakukan pada sosok All New Serena.


Yup, dengan lompatan dua generasi, dari sebelumnya versi C24 menjadi C26, impresi pertama saat bertemu sosok All New Serena adalah tampilan barunya yang lebih segar. Hal ini berkat perubahan desain pada garis bodi dan desain gril hingga lampu-lampu membuat All New Serena tampil lebih modern, namun tanpa meninggalkan ciri khas Serena yang boxy dan beratap tinggi.
No caption
No credit
No caption

Sementara Otomotifnet.com yang berkesempatan mengemudi All New Serena tipe Highway Star selama perjalanan Jakarta - Bandung merasakan posisi duduk supir yang nyaman layaknya menyetir sedan. Hal ini berkat jok yang empuk dan ergonomis. Serta posisi indikator meter juga mudah terbaca, namun tak menghalangi pandangan pengemudi ke depan.
 
Tarikan mesin baru bertipe MR20 1.997 cc bertenaga 147 dk yang ditanam untuk menggantikan tipe QR20 terasa halus tanpa lag yang menyebalkan. Maklum, sektor transmisi juga diubah menjadi CVT, bukan lagi tipe otomatis konvensional.

Makin asik, saat kondisi tol lengang, kami turut memanfaatkan fitur cruise control yang kini menjadi standar diseluruh line up All New Serena. Cukup dengan menekan tombol aktivasi cruise control di setir maka kecepatan 100 km/jam dapat konstan diraih tanpa harus menginjak pedal gas.

Buat yang ingin irit All New Serena kali ini dilengkapi mode Eco. Nah, fitur ini sempat membuat kami terkejut, karena biasanya mode Eco hanya akan memandu pengguna lebih hemat lewat lampu indikator. Sementara pada All New Serena, mode Eco juga akan membatasi putaran mesin. Sehingga akselerasi akan sedikit lebih lambat dan putaran mesin juga lebih halus.


Sayangnya, dari dalam kabin bunyi raungan mesin kerap masuk dan sedikit mengganggu. Untungnya, masuknya suara mesin masih bisa diatasi berkat aplikasi piranti hiburan yang mantap. Dengan kawalan head unit LCD 6 inci yang berfungsi sebagai MP3, CD, DVD dan koneksi USB, kami menjajal beberapa CD lagu yang suaranya sukses dikeluarkan layaknya home theater oleh speaker aktif untuk menemani perjalanan.

Kenyamanan bertambah dengan improvement dibagian kaki-kaki. Karena saat berkendara dijalan berlubang mobil tetap terasa nyaman. Dan saat dipacu kencang, tak ada gejala limbung dan melayang layaknya mobil berbodi tinggi lainnya.

Dan mulai masuk Kota Kembang, kemacetan cukup panjang mendera. Namun berkat aplikasi pilar A model segitiga dan pandangan luas membuat saat menyetir All New Serena ditengah kemacetan tetap terasa menyenangkan.

Secara keseluruhan, mengemudikan All New Serena cukup menyenangkan, selain karena fitur penunjang mesinnya yang baik, seperti cruise control dan mode Eco, mobil ini juga ditunjang ruang pandang pengemudi yang lapang. Sehingga walau berukuran cukup besar, tapi tetap mudah dikendalikan. (mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa