Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Impression All New Nissan Serena, Lebih Stylish & Nyaman

billy - Selasa, 18 Desember 2012 | 12:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Melihat dari dekat All New Serena tipe Highway Star (tipe tertinggi) ini tampak sekali lebih besar dibanding dimensi Serena lama. Karena secara spek memang terjadi peningkatan ukuran.

Seperti wheelbase yang melar 165 mm, yang otomatis menambah panjang pula bodi hingga 180 mm. Lalu lebar pun bertambah 40 mm dan lebih tinggi 40 mm ketimbang Serena C24.

No caption
No credit
No caption

Bicara desain, beda bangat. Serena lama tampil boxy, sedangkan All New Serena berkesan stylish dengan beragam lekukan-lekukan yang lebih modern.

Biar gak penasaran, langsung coba duduk di bangku sopir. Buka pintu tak perlu pencet remote, karena sudah keyless entry. Hmmm...kabin depan terasa mewah dengan laburan warna gelap serta desain dasbor yang simpel tapi berkesan modern.


Setting posisi jok cukup mudah, meski manual sudah dapat dinaik-turunkan (height adjuster). Apalagi setir juga bisa diatur ketinggiannya dan maju-mundur menyesuaikan postur tubuh.

Kenyamanan pengemudi juga terasa dari tingkat visibilitas depan yang baik. Sebab All New Serena mempunyai kaca depan dan kaca samping (kiri dan kanan) yang luas. Pun pilar A yang landai dan tipis serta adanya kaca segitiga mengurangi blind spot.

Kenyamanan penumpang juga terasa berkat banyaknya storage di kabin depan. Kira-kira lebih dari 7 tempat penyimpanan (barang kecil, botol, kaca mata dan gelas) ada di bagian depan.

Next, namanya mobil penumpang, tentu harus nyobain duduk di kabin belakang. Sama dengan bagian depan, nuansa mewah dan roomy kental saat duduk di bangku baris kedua. Lega dan nyaman!

No caption
No credit
No caption
Apalagi bangku tersebut bisa di-sliding cukup jauh. Asyiknya di baris ini bangku bisa di-setting untuk 2 orang (model captain seat) dan 3 orang. Karena di antara dua jok terdapat smart multi centre seat yang bisa dipindah (maju-mundur) hingga ke bangku paling depan dan belakang. Dapat berfungsi sebagai meja dan arm rest penunpang tengah ataupun depan.

Yuk, kita pindah ke belakangnya lagi! Dengan panjang interior (kabin) lebih panjang 3 cm dari Serena lama, kelegaan penumpang belakang bertambah.

Selain itu, sistem AC digitalnya sanggup dirasakan di setiap bangku baris kedua dan ketiga. Pasalnya di atas masing-masing bangku tersedia lubang AC berikut kontrolnya.

Sekarang jajal akomodasi barang yang klaimnya mempunyai 14 seat arrangement yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Mau boyong 7 penumpang atau bawa barang banyak, kombinasi pengaturan jok dengan mudah diubah-ubah.


Nah, tidak afdol rasanya kalau gak sekalian nyoba jalan. Meski trek test minim, namun sudah cukup merasakan impresi pertama Serena yang kabarnya resmi diluncurkan awal Januari 2013 mendatang ini.

Kembali duduk di belakang kemudi, injak pedal rem dan pencet tombol Start Stop Engine, suara mesin barunya MR20DD berkapasitas 2.000 cc sangat halus. Ssttt... seluruh indikator pada meter sudah full digital, lo!

Pindahin tuas transmisi XTRONIC CVT nya ke posisi D, sedikit injak pedal gas, mobil sudah bisa bergerak halus. Entakan tenaganya sudah terasa mulai 2.000 rpm, torsinya pun tergolong besar (209,8 Nm di putaran 4.000 rpm) untuk kendaraan sejenis van ini.

Namun tidak demikian saat tombol ECO Mode diaktifkan. Performa mesin seakan ‘tertahan’ dan akselerasinya pun tak sehebat ketika di-off-kan. Uniknya, di spidometer terdapat indikator ECO Drive Navigator yang dapat menginformasikan pengemudi ketika eco driving atau tidak, berdasarkan kecepatan.

Pengin tahu lebih detail rasa All New Serena jika diajak jalan jarak jauh? (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa