Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Drive, All-New Suzuki Swift GX A/T

billy - Jumat, 14 Desember 2012 | 12:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang belum lama meluncurkan All-New Suzuki Swift menyediakan dua pilihan transmisi; M/T dan A/T. Nah, OTOMOTIF telah mencoba versi transmisi manual terlebih dahulu, bagaimana dengan performa low hatchback bertransmisi otomatis ini?

Berada di kabin, tidak ada perbedaan antara Swift bertransmisi manual. Semuanya sama. Seperti adanya airbag yang berjumlah 2. Dan sistem pendingin ruangan yang sudah mengadopsi model digital.

Pun untuk kualitas redaman kabin terhadap suara luar. OTOMOTIF berkesempatan mencoba ketika turun hujan sangat lebat. Suara air yang menghantam bodi mobil jelas terdengar, terutama yang langsung dari atap mobil. Membuat volume audio harus dinaikkan jika ingin tetap menikmatinya.

Bantingan suspensi juga tak ada bedanya. Suspensi pada Swift lama yang dikeluhkan terlalu keras sudah diperbaiki. Namun untuk generasi terkini, justru terasa terlalu empuk. Membuat mobil sedikit liar ketika berada di kecepatan tinggi. Demikian juga ketika berada di jalan menikung.


Mencoba performa dari transmisi otomatisnya menjadi hal utama. Tak perlu injak pedal gas untuk menggerakkan mobil seharga Rp 180,6 juta ini. Ketika berada di kemacetan, pengendara cukup menjaga injakan pedal rem.

Ketika berada di kecepatan tinggi, transmisi bisa dengan presisi membaca kemauan driver. Perpindahan yang dilakukan cukup cepat dan akurat sesuai putaran mesin. Hal ini membuat tidak ada gejala akselerasi telat atau tenaga berkurang.

Performa yang baik juga ditunjukkan saat dibutuhkan deselerasi. Transmisi mampu memperlambat laju mobil dengan baik. Sayangnya, bagi yang tak biasa akan terasa sedikit kagok karena jika terlalu kencang pedal rem diinjak, maka pengurangan kecepatan dari transmisi juga kencang atau cepat. Hasilnya, justru terkadang tak sesuai dengan yang diharapkan. Membiarkan mobil meluncur kemudian menginjak pedal rem secara gradual bisa membuat hal tersebut lebih baik.

Perpaduan transmisi otomatis 4 percepatan yang mengadopsi straight shift pattern bermesin berkode K14B dengan besaran tenaga 95 dk diputaran mesin 6.000 rpm menjadikan All-New Swift memiliki konsumsi bahan bakar yang baik. Untuk jalur dalam kota, saat terus menerus berada di kemacetan, 1 liter bisa untuk 10 kilometer. Namun jika kombinasi dengan tol, maka angka akan melonjak menjadi 13 kilometer.

Wajar jika akhirnya pihak Suzuki menyebut mesin mereka dengan eco friendly engine. (mobil.otomotifnet.com)



Data Spesifikasi

Mesin: K14B, DOHC, VVT, 4 silinder, 1,373 cc
Tenaga: 95 dk/6.000 rpm
Torsi: 130 Nm/4.000 rpm
Rem depan: Cakram berventilasi
Rem belakang: Cakram
Suspensi depan: MacPherson Strut dengan coil spring
Suspensi belakang: Torsion beam dengan coil spring

Dimensi
P x L x T: 3,850 x 1,695 x 1,510 mm
Ground clearance: 140 mm
Wheelbase: 2,430 mm
Radius putar: 5.2 m
Harga: Rp 180,6 juta (OTR Jakarta)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa