Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All New Ford Ranger 2.2 l, Meneruskan KEjayaan

Billy - Senin, 20 Agustus 2012 | 11:03 WIB
All New Ford Ranger 2.2 l, Meneruskan KEjayaan
Tyo
All New Ford Ranger 2.2 l, Meneruskan KEjayaan

All New Ford Ranger 2.2 l, Meneruskan KEjayaan
Tyo
All New Ford Ranger 2.2 l, Meneruskan KEjayaan

Lama dinanti, akhirnya PT Ford Motor Indonesia merilis All New Ford Ranger untuk pasar Indonesia. Restoran di daerah Ancol, Jakut jadi saksi peluncuran ini. OTOMOTIF sendiri telah merasakan kehadiran pikap terbaru ini ketika pertama keluar di Thailand (ed 30/XXI) dan Medan (ed 09/XXII) lalu. Hanya saja, saat itu belum keluar harga resmi dan tipa apa saja yang bakal meluncur di jalan.

MESIN 2.200 CC

"Tahap awal, FMI memperkenalkan 5 varian dengan mesin 2.200 cc, mulai dari jenis single cabin, RAS dan double cabin," terang Bagus Susanto, Managing Director FMI dalam keterangannya.

Nah, untuk yang penasaran. Walau baru memercayakan varian dengan mesin lebih kecil, tapi seluruh teknologi yang tersemat sudah lebih maju loh.

Dibangun berdasarkan strategi One Ford, maka varian yang beredar di Tanah Air tidak memiliki perbedaan apapun dengan versi luar negeri.

Jadi, enggak perlu khawatir dengan perbedaan spesifikasi. Intip desain bodi dan kelengkapan interior, All New Ranger kali ini memang terbilang punya fitur komplet. Sama dengan tipe yang diuji di Thailand lalu.

All New Ford Ranger 2.2 l, Meneruskan KEjayaan
Tyo
All New Ford Ranger 2.2 l, Meneruskan KEjayaan
Punya bodi sepanjang 5.274 mm dengan lebar 1.850 mm, alhasil All New Ranger jelas terlihat jauh lebih gagah dan besar. Disebut sebagai desain 21 Century Tough, Ranger baru ini jelas menyasar kalangan yang ingin tampil macho, namun tak ingi ketinggalan bergaya.

Enaknya lagi, pick-up masih punya keuntungan sebagai kendaraan double cabin dengan overhang yang terbilang pendek di kelasnya. Alhasil, bakal lebih nyaman melibas medan jelek.

Bahkan, menurut James Henderson, Ford Ranger Engineering Launch Manager Ford Thailand saat ngobrol dengan OTOMOTIF, hampir tak ada bagian dari Ranger lawas yang digunakan pada All New Ranger.

Alhasil, sistem suspensi termasuk bodi dibuat dengan konsep baru yang lebih mengedepankan kenyamanan pengendara. Suspensi coil-over strut baru dirancang untuk menopang beban pada wishbone atas dan bawah lebih baik. Pun begitu dengan sistem kemudi lebih baik, membuat All New Ranger memilki radius putar lebih kecil dari pendahulunya.

Sayangnya, ketika disinggung tentang varian bermesin 3.200 cc Wildtrak yang dicoba OTOMOTIF di Thailand, FMI belum bisa memastikan kapan bisa hadir. "Kita pasti akan masukkan juga, hanya masih menunggu waktu yang tepat," ujar Bagus sambil tersenyum.

All New Ford Ranger 2.2 l, Meneruskan KEjayaan
Tyo
All New Ford Ranger 2.2 l, Meneruskan KEjayaan
Harga & Tipe 

Kelima varian yang ditawarkan FMI punya rentang harga mulai dari Rp 250 jutaan hingga Rp 350 jutaan. Tipe awal, masing-masing varian dilepas seharga Rp 254 juta untuk tipe 2.2L 4x4 BASE Mid-Power MT single cabin, Rp 264 juta 2.2L XL Mid-Power RAS cabin.

Sedangkan, varian double cabin yakni 2.2L BASE Mid-Power dilepas Rp 309,5 juta, tipe 2.2L XLS Hi-Power seharga Rp 330,5 juta dan terakhir 2.2L XLT Hi-Power yang dijual Rp 353,5 juta.

Antara varian hanya berbeda di kelengkapan mesin, tipe Hi-Power dilengkapi turbo, sedang Mid-Power dengan setelan turbo lebih rendah. Tapi jangan khawatir masalah tenaga. Sebagai andalan Ford, semuanya dijamin memberikan tenaga berlimpah. Beda dengan sebelumnya yang sering dibilang kurang bertenaga.

Oh ya, untuk Ranger Duratorq 2.2L XLT Hi-Power sudah dilengkapi transmisi 6 percepatan. Hasilnya, putaran tenaga mesin terasa lebih merata dan punya efek menurunkan konsumsi bahan bakar. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa