Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nyicip Honda Brio untuk Pasar Indonesia

billy - Jumat, 27 Juli 2012 | 11:02 WIB
Honda Brio 2012 test drive
Dok. Tabloid OTOMOTIF
Honda Brio 2012 test drive

Masih ingat ketika Honda Civic Wonder hatchback 3 pintu di era ‘80 akhir berjaya.

Tak hanya tenar di jalanan, pun ketika Civic Wonder yang acap disebut ‘setrikaan’ ini karena desain bodi penuh garis tegas dan aerodinamis. Hatchback berkode bodi SB3 ini, terbilang punya desain bodi streamline.

Makanya, begitu mendapat kesempatan dari PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk merasakan city hatchback terbaru, memori lama ketika sering membawa Wonder ‘setrikaan’ mau tak mau kembali terkenang.

Brio, yang dalam bahasa Italia berarti energik dan riang, pastinya lebih ditujukan kaum muda Indonesia. Sama seperti Civic Wonder ‘setrikaan’ yang tenar di masanya.

Hanya saja, desain bodi Brio kali ini jauh lebih modern dan minim garis tegas layaknya Wonder ‘setrikaan’ dahulu kala.

Lihat saja bentuk lampu depan yang lebih membulat, tapi masih punya ciri tajam pada sisi dekat gril. Tapi terbantu gaya mewah dengan ornamen krom di sekeliling lambang Honda.

Honda Brio 2012 test drive
Dok. Tabloid OTOMOTIF

Begitu pindah ke belakang, memori Wonder ‘setrikaan’ kembali terulang. Asalnya dari kaca belakang yang terbilang curam ke bawah, dengan segala emblem yang menempel.

Sekilas, sedikit canggung ketika ingin menutup kaca bagasi. Soalnya terasa enteng dan khawatir kalau tenaga terlalu kencang. Tapi, desain lampu terlihat sangat sporty, dengan dua bulatan lampu rem yang sangat menonjol.

Langsung saja masuk kabin, pastinya suasana interior terbilang luas dengan dominasi aksen membulat, mulai dari lubang dan panel pengatur AC, dan panel spidometer.

Honda Brio 2012 test drive
Dok. Tabloid OTOMOTIF
Honda Brio 2012 test drive

Duduk di depan, ruang kabin Brio masih terasa luas dengan kaca besar yang memberikan daya pandang luas.

Jok dengan rona krem juga masih terasa empuk dan nyaman. Hanya saja, bangku belakang terbilang sempit ciri khas hatchback mungil lainnya.

Nah, ingin tampil beda. Brio versi Indonesia bakal dilengkapi mesin terbaru yang berbeda dari versi rakitan asal Thailand.

Kalau Brio untuk pasaran luar negeri hanya dibekali mesin 1.200 cc, kali ini mesin tipe L13 berkapasitas 1.300 cc yang bakal tertanam.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa