Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All New Honda Civic 1.8L Full Model Changed

billy - Rabu, 27 Juni 2012 | 15:09 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
 
JAKARTA - Meskipun baru di pertengahan minggu ini (20/6) resmi akan diluncurkan, OTOMOTIF mendapat kesempatan khusus untuk mencumbui All New Honda Civic 2012. Penggemar Civic mungkin akan sedikit kaget ketika menemui sosok Civic generasi sembilan ini. Dimensinya boleh dibilang menyusut dari model sebelumnya yang berkode bodi FD. “Ini full model changed (FMC),” ucap Richard Samuel, Corporate Communication PT Honda Prospect Motor.

Benar saja, jika dilihat dari samping, ketinggian atap bodi tampil lebih landai dari sebelumnya. Hal ini menyebabkan penyesuaian di masing-masing pilar bodi. Bahkan desain pilar C layaknya sedan medium asal negeri Bavaria.

Impresi pertama, desain bonnet dengan model lampu utama baru menyiratkan kesan futuristik hingga tarikan garis samping bodi. Pun begitu desain bumper depan dan belakang, mempunyai sudut-sudut yang memikat. Oke, langsung aja masuk ke kabinnya.

No caption
No credit
No caption

Volume kabin seperti sedan kompak kebanyakan. Head room dan leg room mampu terakamodir dengan baik untuk postur tubuh ukuran orang Asia. Buktinya ketika seorang dengan tinggi 170 cm duduk di jok belakang, masih terasa cukup lega di area kepala maupun ruang kaki.

Lalu, ergonomi jok dan desain lingkar setir seolah sangat mengerti pengemudi. Apalagi posisi panel instrument di dasbor seakan ‘milik’ pengemudi. Di bagian atas dasbor disuguhi layar i-MID (Intelligent Multi Information Display) yang berisi informasi pengukuran konsumsi bahan bakar, pengaturan audio serta sistem keamanan kendaraan.

No caption
No credit
No caption

Semua terintegrasi dengan kontrol di setir. Kini, di semua tipe mengadopsi fitur ECON button yang mampu mengoptimalkan efisiensi bahan bakar berdasar gaya mengemudi. Klaimnya mampu menghemat hingga 20%. Hal ini ditunjukkan di layar i-MID. Jika cara mengemudi termasuk efesien, pilar di layar akan menyala berwarna hijau.

Soal performa terbilang lumayan. Mesin barunya yang berkapasitas 1.800 cc SOHC berteknologi i-VTEC punya daya 141 dk. Generasi sebelumnya dengan mesin lama mencatatkan 140 dk. Sewaktu diajak berakselerasi dan manuver ekstrem, New Civic mampu menunjukkan kinerja terbaiknya.

No caption
No credit
No caption

Transmisi manual 5 percepatannya juga optimal. Makin terasa aman berkat telah disematkannya fitur keselamatan dual airbag dan pengereman ABS + EBD. Untuk mengetahui performa sesungguhnya belum bisa diketahui karena keterbatasan waktu dan lokasi pengetesan. Thumbs up!

Kembar Identik
Ada dua varian yang ditawarkan. Versi mesin kapasitas 1.8L (1.800 cc) dan 2.0L (2.000 cc). Jika diperhatikan, di area bodi sekilas tampak sama. Pembeda keduanya, versi 2.0 yang hanya tersedia varian transmisi otomatis ini telah dilengkapi fog lamp dan HID di lampu utama. Lalu, spion juga dilengkapi lampu sein serta pelek ukuran 17 inci.


Fitur Engine Start/stop Button disematkan sebagai standar keamanan, menemani fitur smart key system. Di kabin tipe 2.0L, tersedia jok elektris bagi pengemudi dan di kemudinya terdapat paddle shift. Sementara nuansa interior berbalut kulit single tone dominasi warna hitam dengan panel AC model digital.

Fitur kemananan ditambah Brake Assist, Motion Adaptive EPS dan VSA (Vehicle Stability Assist) yang mampu meminimalisir gejala oversteer maupun understeer. Konstruksi mesinnya sama, namun kapasitasnya engine 2.000 cc mampu menghasilkan tenaga 155 dk pada 6.500 rpm dan torsi 190,2 Nm pada 4.300 rpm. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa