Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Kenali Fungsi Tombol di Setir Mazda CX-5

Iday - Jumat, 25 Mei 2012 | 16:13 WIB
Yuk, Kenali Fungsi Tombol di Setir Mazda CX-5
Yuk, Kenali Fungsi Tombol di Setir Mazda CX-5

Otomotifnet.com - – Duduk di bangku pengemudi Mazda CX-5, pengguna pasti dihadapkan dengan setir yang sedikit ‘ribet’ karena penuh akan tombol di kedua palangnya. Setidaknya ada sembilan tombol dengan fungsi berbeda di kedua sisi setir.

Eits, jangan sebal dulu. Seperti pepatah, tak kenal maka tak saying. Maka agar dapat mengoptimalkan fungsi, sekaligus menghapus rasa sebal karena ribet langsung saja kenali fungsi masing-masing tombol.

Pertama, kita ekplorasi tombol di palang kiri pengemudi. Di sisi ini ada enam buah tombol dengan fungsi berbeda. Tombol paling atas berfungsi sebagai fitur audio, yakni scan frekuensi radio dan pemilih lagu pada mode CD atau mp3. Lalu dibawahnya terdapat tombol pengatur volume audio.

Di kiri tombol pengatur volume terdapat tombol tampilan informasi di MID. Fungsi yang dapat dilihat pada MID di bagian speedometer ini diantaranya kecepatan rata-rata, estimasi jarak tempuh dan konsumsi bbm rata-rata.

Selanjutnya, ada tombol berlogo mulut di bawah tombol pengatur audio. Fungsinya tak lain adalah untuk mengaktifkan fitur voice command. Sayangnya, voice command hanya berfungsi sebagai penunjang telepon, tanpa dapat mengoptimalkan fitur lain seperti pengatur audio atau cd.

Kemudian, tersemat dua tombol fungsi telepon dibagian kiri bawah. Tombol di bagian kanan untuk mengetahui daftar buku telepon dan sebelah kiri untuk membuat panggilan. Oiya, untuk mengaktifkan fungsi telepon, pengguna wajib melakukan ‘pairing’ pada Bluetooth device antara headunit dengan handphone.

Berpindah ke tombol-tombol di palang setir sebelah kanan, di sini tersemat tiga tombol yang berfungsi sebagai pengatur sistem Cruise Control (CC) pada CX-5. Untuk mengaktifkan dan mematikan fungsi CC terdapat pada tombol berlogo speedometer dengan tulisan on/off.

Pada tombol atas yang bertuliskan cancel/res, dapat berfungsi sebagai ‘pause’ pada sistem CC. Saat mode Cancel diaktifkan, maka CC akan berhenti, tanpa menghilangkan memori kecepatan yang diinginkan. Dan saat ingin kembali ke kecepatan konstan yang diinginkan, tinggal tekan tombol Res.

Yang terakhir, terdapat tombol Set. Fungsinya sebagai pengatur kecepatan pada fitur CC. Untuk menambah kecepatan konstan yang diinginkan, pengguna dapat menekan tombol (+), sedangkan untuk mengurangi kecepatan konstan tinggal tekan tombol (-).

Nah, paham dan kenal fungsi-fungsinya deh.(mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa