Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mitsubishi mirage, Penantang Baru City Hatchback

billy - Kamis, 2 Februari 2012 | 17:15 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Janji Mitsubishi Motors Corporation (MMC) akan menciptakan sebuah mobil mungil untuk pasar global akhirnya dipenuhi. JIka sebelumnya hadir berupa konsep, di akhir tahun lalu penampakan produksi massalnya sudah muncul di Tokyo Motor Show 2011.

Yup, menyandang nama Mitsubishi Mirage, mobil yang akan hadir di Tanah Air ini akan menjadi penantang baru di kelas city hatchback bermesin 1.200 cc. Tentunya dengan segudang kelebihan.

DUA MESIN

Kalau Anda sempat datang ke booth MItsubishi di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011 lalu, pasti melihat Mitsubishi Global Small Concept berwarna silver. Nah, itu lah desain purwarupa Mirage.

Dengan konsep desain compactness, advordability and high fuel eficiency, Mirage diposisikan sebagai kendaraan entry level untuk negara-negara berkembang. Di mana di negara macam Thailand atau Indonesia yang sedang hype mobil mungil, irit bahan bakar dan emisi rendah.

Merujuk mobil yang disebut eco car itulah makanya MMC menunjuk Thailand sebagai basis produksinya, selain Thailand memang sudah lebih dulu main di eco car. Diproduksi di pabrik Mitsubishi di Laem Chabang, Chonburi Thailand dan dijadwalkan resmi meluncur bulan Maret di sana.


Melihat desain eksteriornya, Mirage boleh dibilang mempunyai garis-garis bodi aerodinamis. Bisa diperhatikan dari samping, garis bagian atas mulai moncong, kap mesin ke pilar A, atap kabin hingga ke belakang tanpa lekukan tajam.

Meski tampang depannya sederhana, namun berkat desain head lamp, bumper, foglamp serta garnish-nya membuatnya kelihatan mewah. Paling menariknya lagi, bagian bokong. Coba perhatikan paduan antara bumper, lampu serta kaca dan pintu bagasi belakangnya, stylish banget!

Bicara ukuran, Mirage memang pantas jadi kuda hitam city hatchback. Pasalnya memiliki dimensi kompak, yakni 3.710 x 1.665 x 1.490 mm (p x l x t). Sebanding dengan rivalnya seperti Nissan March (3.780 x 1.655 x 1.525), Suzuki Splash (3.715 x 1.680 x 1.618), All New Kia Picanto (3.595 x 1.595 x 1.480) atau All New Chevrolet Spark (3.640 x 1.597 x 1.551).

Soal tenaga, Mirage mengusung dua tipe engine. Seperti dipajang di Tokyo tahun lalu, mobil 5 penumpang ini bermesin 3 silinder 1.000 cc MIVEC dengan konsumsi 3,3 liter/100 km (30km/liter).

Sedangkan mesin kedua yang masuk line production di pabrik Mitsubishi Thailand adalah 3 silinder 1.200 cc. Engine yang kabarnya akan diboyong ke pasar Indonesia ini diklaim sanggup meminum bensin 20 km/liter.

Sang penantang segera hadir. Bersiap lah! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa