Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki New Wagon R: Siap Gantikan Karimun Estilo?

billy - Senin, 21 Maret 2011 | 16:07 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

JAKARTA - Tahun ini PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ATPM mobil Suzuki di Indonesia penuh dengan rencana. Terutama memperkuat segmen mobil kecil (A-segment). Setelah ada Karimun Estilo dan Splash, rencana paling dekat Suzuki Alto siap diluncurkan. Bahkan, kabarnya Suzuki New WagonR yang diproduksi oleh Maruti Suzuki India juga sedang diperjuangkan SIS untuk hadir.

Blue Eye Boy
New WagonR ini pertama kali diluncurkan April 2010 di Mumbai, India. Memakai platform dan dimensi baru, city car ini penantang Hyundai i10, Kia Picanto, Chevrolet Spark dan sebagainya.

Di Indonesia, New WagonR sebenarnya cukup diperhitungkan SIS untuk mengganti Karimun Estilo. Namun, sampai saat ini, pihak SIS belum berani membuka suara. “Kalau itu (WagonR) sih masih dipertimbangkan,” ujar Edi Darmawan, deputy GM marketing brand 1 4W SIS.

Secara desain, WagonR lebih atraktif ketimbang Karimun Estilo. Sekilas bentuknya lebih mirip Karimun kotak, namun lekukan bodinya sedikit agak membulat. Alias, tidak kotak-kotak.

Bicara dimensi, WagonR lebih besar dari Karimun Estilo. Yakni berukuran 3.595 x 1.495 x 1.670 mm (P x L x T) dengan wheelbase 2.400 mm. Namun, bodi WagonR masih lebih mungil  dibanding Splash.

No caption
No credit
No caption

 Simpel tapi tetap berkesan mewah dengan desain dasbornya (kiri). Kabin lebih luas dari Karimun Estilo(tengah). Innovative seat tray jadi fitur tambahan buat nyimpan barang berharga(kanan).

Secara desain, boleh dibilang cukup unik. Perhatikan lampu depan, gril, air dam dan bumper! Dengan bodi yang mungil, tampak seperti mobil besar lantaran ukuran keempat item di atas yang dirancang serbagambot. Menariknya lagi, di headlamp-nya itu ada warna biru yang disebut blue eye boy.

Sebagai city car, kenyaman agaknya tidak dilupakan. Buktinya, tilt adjustable steering, cup holder di dasbor, innovative seat tray (storage di bawah bangku penumpang depan), wider opening door (pintu penumpang belakang terbuka 90 derajat), flat bed (jok penumpang depan yang bisa direbahkan) ada di mobil ini.

Untuk tenaga, sama yang dipakai pada Karimun Estilo. Yakni, alumunium engine K10B 3 silinder segaris DOHC 12 katup berkapasitas 998 cc.


 Mesin tetap mengusung K10B milik Karimun Estilo(kiri). Desain belakang tak semenarik depan (kanan).

Di India, juga sudah disediakan mesin untuk bahan bakar jenis CNG.  Bahkan, WagonR Duo (LPG dan Bensin) baru saja dirilis awal tahun ini.

Sedangkan untuk safety, New WagonR ini sudah disediakan Dual SRS Airbag dan ABS buat tipe tertingginya (Vxi). Nah, bagaimana harganya?

WagonR yang terdiri atas 5 tipe; Vxi bensin, Lxi CNG, Lxi Duo, Lxi bensin dan Lx dipasarkan mulai 300.000 sampai 400.000 Rupe. Atau, kalau dikalkulasi ke rupiah berkisar Rp 60-80 jutaan.

Tertarik?  (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa