Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Drive Audi R8 2.4 FSI QUATTRO, Popular Di Layar Lebar

Editor - Jumat, 11 Juni 2010 | 10:12 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Di negara asalnya Audi R8 bukan barang baru, pasalnya sudah muncul sejak 2006. Modelnya pun dibuat dalam berbagai versi. Salah satunya R8 4.2 FSI quattro milik Terminal Motor (TM), sebuah IU di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. Walau begitu, R8 masih layak dikupas lagi, terutama pamornya yang kembali popular setelah muncul di sejumlah judul film layar lebar.

MENARIK PERHATIAN
R8 didesain, dikembangkan dan dibuat secara eksklusif oleh Audi AG. Pada 2005 Audi mengumumkan nama mobil balapnya yang sukses (R8), sebagai mobil jalan raya yang bisa dipakai di 2007. Basisnya dari Audi Le Mans quattro concept car.

Versi jalan raya resmi diperkenalkan di Paris Auto Show 2006. Cukup mem­bingungkan, karena namanya sama dengan R8 Le Mans Prototype yang beberapa kali juara balap ketahanan 24 jam Le Mans. Tetapi R8 jadi mobil sport Audi pertama yang menerapkan mesin di tengah.

Penempatan mesin di belakang kokpit, memberi keuntungan pada pengendaraan dinamis, dengan distribusi berat 44% di depan dan 55% di belakang.

Bentuk depan, R8 menerapkan gril single frame. Di sisi kiri dan kanannya ditambah air intake berdimensi besar, di atasnya berjejer lampu LED.

Dari samping tampak ada elemen silver di belakang pintu. Disebut ‘sideblade’ berfungsi sebagai ventilasi udara. Warnanya bisa dipesan disesuaikan dengan kontras kelir bodi.

Bannya, seperti kebanyakan desain mobil yang menggunakan mesin tengah atau belakang, menggunakan telapak roda lebar di belakang. Pelek standarnya 18 inci, tetapi yang banyak dijual ke pasar, seperti di TM ini, ukurannya 19 inci.

Dibekali mesin 2.400 cc V8 dan peng­gunaan Fuel Stratified Injection (FSI), tenaga maksimumnya 420 dk dan torsi maksimum 430 Nm. Top speednya mencapai 310 km/jam dan akselerasi dari 0-100 km/jam ditempuh dalam waktu 4,6 detik.

No caption
No credit
No caption

Mesin tengah layaknya mobil balap

No caption
No credit
No caption

Jarak pandang pengemudi ke panel instrumen do sasbor sangat sempurna
No caption
No credit
No caption

Sideblade mengalirkan udara untuk mesin V8 bernapas

Spoiler belakang bergerak naik pada kecepatan tinggi

Sosoknya yang keren, membuat R8 meraih berbagai gelar mobil terbaik. Sejak dilaunching pada 2007, R8 muncul di beberapa film dan acara TV. Sebut saja film Iron Man 2. Transformers 2, Dirty Sexy Money, CSI: Miami, Chuck, 17 Again dan Date Night.

R8 yang dijual ke pasar dunia hanya 5.000 unit ini pun lantas menarik perhatian fanatik mobil sport, fotografer dan jurnalis otomotif di seluruh dunia. Aksen kuat tampak pada bagian belakang yang bertotot layaknya seorang sprinter siap berlari.

Aktor Robert Downey Jr. pemeran Iron Man ikut tergiur. Tetapi model yang dipakai R8 5.2 V10 Spyder alias tak ada atapnya, mesinnya 5.200 cc dan cover mesinnya tertutup. Sementara di film Transformers 2: Revenge of the Fallen, R8 jelmaan robot Sideways di bumi.

Yang masih tayang di bioskop film Date Night. Saat kejar-kejaran, pasangan suami istri diperankan Steve Carell dan Tina Fey, menggunakan R8. Konon, adegan itu menelan biaya antara 1-2 juta dolar AS (Rp 9-18 miliar lebih). Mobil seharga sekitar Rp 4 miliar lebih (di Jakarta) itu hancur dan sempat bertabrakan dengan taksi Ford Crown Victoria.

Hmm.. tidak heran kalau R8 masih hangat dibicarakan. “Selain itu modelnya futuristis, mesinnya bagus, harga juga terjangkau kalau dibanding Lamborghini dan Ferrari,” alasan Benny Susilo, manajer TM mendatangkan Audi R8 2.4 FSI quattro.

Penulis/Foto: Fend / Salim

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa