Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Gilaaaa! Otonetters Geber New Suzuki Karimun Estilo 175 km/jam

Editor - Sabtu, 14 Desember 1901 | 03:53 WIB
Gilaaaa! Otonetters Geber New Karimun Estilo 175 km/jam
Gilaaaa! Otonetters Geber New Karimun Estilo 175 km/jam

OTOMOTIFNET – Sesi test drive with Otonetters kali ini menghadirkan dua mobil baru keluaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) yaitu Suzuki Splash dan Suzuki New Karimun Estilo.

Otonetters pun sangat antusias, khususnya anggota Otonetters Mania Roda Empat (OMR4) yang belum lama dideklarasikan  di Put-Put Golf, Senayan.

Total 10 orang OMR4 berdesakan masuk ke dalam kabin Splash dan New Karimun Estilo. Bahkan ada satu orang Otonetters yang terpaksa ditinggal karena sedikit terlambat.

“Kalau tidak ditinggal mau ditaruh mana lagi? Sudah penuh sesak begini,” celetuk Ucok yang kebagian pegang kemudi New Karimun Estilo.   

Test drive kali ini disepakati menuju puncak. Jalur ini dipilih agar bisa mencoba kecepatan penuh saat melaju di tol sekaligus menguji kemampuan menaklukkan jalan tanjakan yang penuh kelokan.

Suzuki New Karimun Estilo

New Karimun Estilo mengusung mesin dengan kode K10B. Kapasitas mesin cuma 998cc dengan 3 silinder tapi sudah mengadopsi teknologi DOHC.

Performanya diklaim lebih baik dibandingkan pendahulunya yang berkapasitas 1100 cc, 4 silinder. Hasil test drive versi redaksi silihkan klik di SINI. Dan berikut ini adalah hasil test drive versi Otonetters.

Performa

Ucok yang memiliki user name di forum OTOMOTIFNET.com, Kijang_Merah_Faster, merasa puas  mengemudikan New Karimun Estillo.

Meskipun beban penuh (5 orang) dan AC menyala tetap mampu melibas jalur puncak dengan mudah. Oh ya, 5 penumpangnya pun memiliki postur gambot alias serasa 6 penumpang, hehehe….

“Ajib tenaganya, apalagi pas tanjakan tetap nyalain AC loh. Pokoknya ueanakkk,” kata Ucok yang dijuluki supir bis AKAP oleh rekan Otonetters lainnya.

Menurut Cavalera, traksi New Karimun Estillo cukup nendang bagian bawah, walaupun pada bagian atasnya terasa agak berat.  Sepertinya apa yang dirasakan Cavalera sesuai dengan spesifikasi mesin K10B yang memiliki torsi maksimum 90 Nm di 3500 rpm dan power maksimal 68 PS di 6200 rpm.

“Di trek lurus seperti tol, enggak ada masalah kok! Buktinya bisa tembus 175 km/jam,” tambah Cavalera. Arseen Lupin yang juga sempat membawa Suzuki karimun estilo ini di jalan tol juga punya pendapat serupa.

Handling

“Empuk shocknya bro, tidak berasa ketika jalan di jalanan yang rusak,” kata Kijang_Merah_Faster ketika ditanya mengenai kaki-kaki New Karimun Estilo. Ini mungkin dikarenakan shock absorber tipe gas yang dipasangkan di suspensi belakangnya. Menurut Cavalera yang duduk di jok belakang, “bannya terasa napak dan suspensi cukup nyaman walau digeber 175 km/jam tanpa oleng.”

“Mungkin ini dikarenakan beban penuh di belakang sehingga mobilnya stabil dan bannya lebih nempel ke aspal,” kilah admin otomotifnet.com yang pernah merasakan limbung/melayang saat membawa New Karimun Estilo pada kecepatan 170 km/jam dalam sesi test drive Bandung-Jakarta beberapa waktu silam.

Soal pengereman, New Karimun Estilo ini yang tanpa kehadiran ABS ini. Kijang_Merah_Faster punya komentar, “sayang kalo ngerem kurang ajib, kalo diinjak pedal remnya berasa ndut-ndutan.”

Kenyamanan

“Serasa jadi karung beras,” itulah impresi pertama dari Arseen_Lupin dan dj_ipan ketika keluar dari mobil New Karimun Estilo yang dikendarai Kijang_Merah_Faster.

Ini mungkin karena kabin yang agak sempit dan  yang juga dirasakan oleh Bintang Pradipta dan Cavalera yang jadi penumpang yang duduk di kursi belakang, “tapi bagasinya lumayan lapang,” imbuh Cavalera. Kijang_Merah_Faster pun tidak menyarankan bagi keluarga yang berpostur besar.

Konsumsi BBM

Pengetesan BBM dalam test drive ini dilakukan dengan mengisi bensin full tank sebelum berangkat dan mencatat odometer, lalu setelah selesai kembali kendaraan diisikan bensin full tank pada pom bensin yang sama dan mencatat kembali odometernya. Hasilnya dengan driving style pada test drive kali ini yang cukup ekstrim, konsumsi BBM yang didapatkan sebesar 1: 10,8 (BBM/km).

Kelebihan
- Tenaga responsive
- Lincah untuk bermanuver
- Suspensi nyaman
- Bagasi cukup luas
Kekurangan
- Pengereman yang kurang pakem
- Kabin terasa sempit


Penulis/Foto : Leowsy (Otonetters sekaligus menjadi tester)
 
 

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa