Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Uji Kemampuan Kain Lap Chamois Merek 3M

Editor - Kamis, 14 Januari 2010 | 09:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Gbr 1

OTOMOTIFNET - Memasuki musim penghujan kali ini, ritual cuci mobil pasti enggak pernah kelupaan, dong. Masak mentang-mentang jadwal hujan yang enggak bisa diprediksi kapan munculnya terus bikin bodi kotor enggak karuan. Sayang kan beli mahal-mahal tapi enggak dirawat. Kalau orang tua dahulu pernah berkata, awas nanti nangis lo mobilnya.

Begitu mencuci, pasti enggak pernah lepas dari urusan memilih lap yang cocok. Begitu banyak pilihan di pasaran, single test kali ini OTOMOTIF mencoba plas chamois buatan 3M sebagai alat peraga.

Dijual seharga Rp 50 ribu di berbagai sentra onderdil. Sebenarnya masih banyak pilihan lain dengan harga lebih murah, berkisar Rp 25 ribu. Tapi mengingat pengalaman dengan kualitas yang ditawarkan, kali ini cukup dibatasi dengan pilihan chamois dengan rentang harga di atas Rp 40 ribu.

Pengukuran pertama, OTOMOTIF mencoba merendam lap chamois ini pada air banyak, kemudian langsung diangkat. Tujuannya mencari tahu bagaimana daya serap lap ini setelah direndam.

Hasilnya 3M mengangkat air hingga seluruh sisi lap berukuran 43 x 32 cm ini penuh air. Sisa tetesan air pada pinggir lap akan berhenti di detik 40 setelah lap diangkat (Gbr.1).

Kemudian untuk proses pembersihan bagian bodi, 3M mampu menghilangkan noda kotoran sisa air hujan tak bersisa (Gbr.2). Kelar merendam lap, giliran meremas kain untuk mencari tahu seberapa banyak sisa air yang tertinggal (Gbr.3).

Hasilnya juga cukup mengesankan. Setelah diremas, 3M dipakai untuk mengelap berbagai bagian bodi. Sisa air cucian pada bodi dapat terangkat lap chamois hanya dengan menyisakan sedikit sisa noda air.

No caption
No credit
No caption

Gbr 2

Gbr 3

Indikasi ini berarti pengemudi tidak memerlukan terlalu banyak tenaga untuk mengeringkan sisa-sisa air cucian. Pun dengan noda yang menempel pada kain lap juga mudah dibersihkan hanya dengan mencuci lap sambil disiram air mengalir.

Untuk pemakaian dari baru, 3M sepertinya bisa melalui tahapan pengetesan sederhana OTOMOTIF. Namun perlu dicoba lebih lanjut untuk pemakaian dalam jangka waktu lama, apakah kinerjanya menarik air hingga membersihkan noda kotoran akan tetap sama layaknya barang baru.

Penulis/Foto: Rio / Salim

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa