Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Bumper Mobil Sembarangan? Awas Bahaya Mengintai!

Jumat, 19 Juni 2015 | 14:03 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Kenapa sih modifikasi bumper mobil enggak boleh sembarangan? Emang bahaya apa yang mengintai kalau sembarangan memodif bagian depan mobil, termasuk bumper? Jawaban pertanyaan tersebut berkaitan dengan salah satu sistem keselamatan pada mobil, airbag.

Kan lagi ramai nih kasus airbag mobil tidak mengembang saat kecelakaan. Salah satu faktor penyebabnya bisa jadi anda pernah melakukan modifikasi pada bagian depan mobil, utamanya bagian bumper. Karena disekitar situ terdapat sensor airbag.

Sehingga, modifikasi pada mobil juga enggak boleh sembarangan untuk menjaga agar airbag tidak malfungsi. "Perbaikan atau modifikasi fender depan atau bumper depan, dapat menyebabkan airbag malfungsi kalau tidak dilakukan dengan ahlinya, dalam hal ini bengkel resmi Toyota," ujar Dadi Hendriadi, GM Technical Service TAM.

Pun begitu saat memperbaiki, modifikasi, melepas atau mengganti setir, panel instrumen atau dasbor. Memasang perangkat elektronik seperti radio dua arah (RF-transmitter) dan CD player juga bisa menyebabkan airbag malfungsi. 

Nah, mulai sekarang wajib perhatikan hal tersebut ya, kalau tidak mau apes saat kecelakaan airbag malah malfungsi dan komplain serta mempermasalahkan kenapa airbag tidak mengembang saat kecelakaan. Padahal, bisa jadi kita lupa pernah melakukan modifikasi sembarangan pada mobil sendiri. Awas, bahaya mengintai! (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa