Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tetap Waspada, Meski Usia Pakai Slang Rem Tahan Lama

Otomotifnet - Minggu, 29 Maret 2015 | 15:17 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Setiap komponen memiliki umur pakainya masing-masing, demikian juga dengan slang rem. Nah, kalau demikian berapa lama sih umur dari slang rem tersebut? Benda ini bisa dibilang sangat slow moving. Bahkan dalam manual book perawatan juga tidak pernah disebut perihal komponen tersebut.

"Bisa sangat lama. Bahkan mobil yang lebih dari 15 tahun juga biasanya masih baik. Kecuali jika ada human error," komentar Theodorus Surya Jaya, pemilik bengkel Rev Engineering di Kedoya, Jakbar. Hal serupa juga diucapkan Sarto Rombe, kepala bengkel Honda Megatama, Kapuk, Jakut.

Menurutnya, selama tidak ada kebocoran, slang rem bisa terus dipakai. Lain halnya jika sudah ada yang sobek, lebih baik segera ganti. Meski dianggap cukup kuat dalam menahan kandungan minyak rem, tetap harus waspada terhadap usia pakainya. Seperti diucapkan Teddy, kerusakan biasanya disebabkan kesalahan manusia itu sendiri.

No caption
No credit
No caption


Penyebab paling sering yakni saat rem dibongkar. Sangat diharamkan kaliper rem tergantung hanya dengan ‘pegangan' slang rem tersebut. Ada baiknya kaliper tersebut diganjal atau disimpan pada arm. (gbr.1). Intinya jangan dibiarkan menggantung.

Sebab, dengan kaliper tergantung, berpotensi slang menjadi lebih molor. Jika sudah molor maka jalinan benang, karet akan semakin tertarik. Efeknya kekuatan menahan tekanan minyak rem menjadi berkurang. Jika dibiarkan berlama-lama, bisa menggembung dan akhirnya pecah. Selain itu, slang juga menjadi sedikit lebih panjang.

Selain berbahan karet, slang rem juga ada yang berbahan braided steel. Bahan dalamnya dari teflon, lalu dibungkus lagi dengan jalinan kawat baja. Biasa dipakai pada kendaraan balap, karena lebih tahan panas. Namun, ternyata bahan ini juga tidak lepas dari masalah.



Pada braided steel ini, musuh utamanya api. Sebab itu harus lebih berhati-hati jika melakukan pengerjaan las atau memotong besi dekat dengan slang jenis ini. Percikan bunga api bisa jatuh dan menelusup pada bahan teflon. Inilah yang akhirnya membuat slang rem tersebut malfungsi. Mencegah hal ini terjadi, braided steel yang ternama sudah ada pembungkusnya lagi setelah baja (gbr.2). Sehingga lebih aman. • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa