Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Performa dan Interior All New Toyota Yaris, Makin Ngacir dan Keren

Otomotifnet - Selasa, 10 Maret 2015 | 18:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Pada edisi kemarin (42:XXIV), sudah dibahas tentang upgrade tampilan dan kaki-kaki All New Toyota Yaris. Nah kini lanjut tentang ubahan pada sektor mesin dan interior, tentu bagi yang ingin tampil beda atau kurang puas dengan standarnya. Bisa diapain saja? • (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Mau main ekstrem bisa aplikasi turbo kit, dijamin ngacir!


Performa Mesin

Upgrade performa stage 1 atau yang paling ringan, bisa dilakukan seperti yang diutarakan Binsar Roberto dari bengkel Auto Key. “Untuk sedikit menaikkan performa, bisa diawali penggantian filter udara, misal pakai K&N, JFC atau BMC, yang dikombinasi dengan pemasangan throttle control, seperti merek Shadow atau Pivot, agar akselerasi lebih responsif karena Yaris sudah drive by wire,” ujar Bejo, sapaannya.

No caption
No credit
No caption

Upgrade stage 1 bisa cukup aplikasi filter aftermarket dan piggyback


Masih kurang? Silakan lakukan langkah berikutnya, yaitu ganti header biar pengeluaran gas buang lebih lancar. “Hindari pemakaian header yang tekukannya ada lesung pipit, karena flow akan terhambat,” wanti pemilik bengkel di kawasan TB. Simatupang, Jaksel ini.

Biar pasokan bensin seimbang dengan pemasukan udara serta lancarnya pembuangan, Bejo menyarankan pasang piggyback, pilihannya banyak seperti Unichip, Greddy, ECU Master dan lainnya. Dana yang dibutuhkan berkisar Rp 7-9 jutaan.

No caption
No credit
No caption

Aplikasi header aftermarket dan muffler pun meningkatkan performa


Stage berikutnya bisa ditambah dengan porting & polish saluran masuk dan buang di cylinder head. “Biar efisiensi volumetrik meningkat, sehingga performa juga lebih optimal,” terang William Kurniawan, dari bengkel One Second Faster.

Kurang puas juga? Lakukan deh stage 3, dengan aplikasi rumah keong alias turbo. Salah satunya dari merek Zage. “Aslinya untuk Yaris lama, tapi mesin kan sama 1NZ-FE jadi bisa diaplikasi. Paling perlu ubahan sedikit di bagian bumper biar enggak mentok,” terang Memet, mekanik bengkel TS Custom Garage di kawasan Kembangan, Jakbar.

Dengan boost 0,5 bar, biar internal mesin tetap awet, diklaim tenaga bisa meningkat hingga 50%, sekitar 150 dk. Namun jangan kaget dengan ongkosnya, bisa lebih dari Rp 20 juta! Karena perintilan pemasangannya cukup banyak, seperti custom piping, piggyback dan biaya instalasinya.

Main sporti bisa menggunakan interior yang sewarna bodi


Interior

Ubahan interior perlu juga dilakukan, tentu biar makin keren. Patokannya bisa disesuaikan dengan konsep ubahan. “Tergantung mau main sporti atau elegan. Untuk yang sporti, penggunaan warna jok bisa menyesuaikan warna bodi. Sedang yang elegan cenderung main warna hitam, namun dijahit benang yang sewarna bodi, termasuk juga plafonnya,” terang Tomi Gunawan dari Tomi Airbrush, yang biasa memodifikasi mobil baik eksterior maupun interior.

“Kalau mau main totalitas, seluruh interior mesti dilapis dari jok, door trim sampai dasbor,” urai Stanley dari bengkel Autotrim di bilangan Setia Budi, Jaksel. Stanley melanjutkan, untuk Yaris ada beberapa rujukan. “Misal dasbor dibikin seperti MINI, sedang jok ala Mercy, untuk door trim menyesuaikan.”

Tak hanya desain, bahan pun banyak pilihan. “Ada suede, semi kulit dan kulit,” lanjutnya. Paling mahal tentu saja kulit, untuk interior lengkap ada di kisaran Rp 8-15 juta, sedang suede cukup Rp 5,5-7 juta dan semi-kulit hanya Rp 2,3-3,5 juta.




Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa