Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Engine Check Nissan Grand Livina Menyala, Jangan Resah Dulu

Selasa, 30 September 2014 | 17:16 WIB
No caption
No credit
No caption


James Tjhia Raymond panik bukan kepalang. Saat melaju di jalan bebas hambatan Jakarta-Merak, tiba-tiba mesin Nissan Grand Livina miliknya menjadi idle. Saat gas dibejek, mobil tak mau berakselerasi. Meski pedal ditekan keras, tetap tak ada respon. Saat bersamaan, indikator engine check pun menyala.

Langsung saja meminggirkan mobil ke tempat aman alias bahu jalan. Di tengah kepanikannya, pria berkacamata ini menelpon Emergency Road Assistant (ERA) Nissan. Menurut service advisor ERA yang bertugas, dari gejala yang ditimbulkan, diprediksi penyebabnya filter udara kotor.

“Jadi, pasokan udara yang masuk ke ruang bakar tidak mencukupi. Sehingga, ECU membaca ada masalah dan membuat mobil running ke dalam safe mode,” tegas James.

James pun mengikuti langkah problem solving yang dipandu oleh petugas ERA. Dan hanya perlu waktu 5 menit, mobil kembali normal hanya dengan me-reset ECU. 

Begini caranya... • 

No caption
No credit
No caption


Langkah pertama yang dilakukan adalah mematikan mesin. Posisikan kunci kontak ke posisi Off. Meski dalam posisi Off, bukan berarti tak ada arus yang masuk ke ECU.

"Sebab, ECU selalu dialiri oleh arus listrik yang diambil langsung dari aki," tegas  Rudi Schumacher, Technical Support Nissan Jatake.

No caption
No credit
No caption

Lalu pindahkan gigi transmisi ke posisi netral. Hal ini berlaku bagi mobil jenis manual atau matik. Kebetulan mobil yang sedang bermasalah saat ini adalah mobil bertransmisi matik.

No caption
No credit
No caption

Tekan pedal gas hingga mentok sebanyak tiga kali. "Ini adalah metode yang dilakukan untuk mengaktifkan back up ECU ke settingan sebelum mobil bermasalah. Dengan kata lain ECU akan di-reset ke settingan awal," tegas Rudi lagi.

No caption
No credit
No caption

Setelah itu, putar kontak ke posisi On dan nyalakan mobil. Sim salabim. Check engine mati dan mobil sudah normal kembali.



Tapi, masalah ini akan kembali datang apabila filter udara tidak diganti. Jadi sebaiknya segera ganti filter udara. Karena bila diabaikan, maka ECU akan kembali membaca pasokan udara yang kurang akibat filter kotor.

"Selain itu, ini hanya untuk emergency. Untuk pengecekan lebih lanjut, saya sarankan mendatangi bengkel Nissan terdekat," tegas Rudi.(mobil.otomotifnet.com)







Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa