Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk, Pasang Sendiri Cruise Control & Auto-lock Mitsubishi Outlander Sport

Selasa, 10 Juni 2014 | 14:05 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Serunya gabung di forum atau klub. Pasti punya banyak referensi untuk ngoprek. Begitu juga dengan anggota MitOSI (Mitsubishi Outlander Sport Indonesia), yang kini mengaktifkan fitur cruise control.

Punya nama lain Mitsubishi ASX atau RVR untuk pasar luar negeri. Forum Mitsubishi ASX International punya segudang trik yang bisa diaplikasi untuk Outlander Sport. “Makanya kita juga tahu kalau Outlander Sport punya kesamaan platform dengan Puegeot 4008 dan Citroen X Crosser,” ungkap Ali Isa, member MitOSI dengan nomor anggota 009.

Awalnya, ubahan ini dicoba pertama kali oleh Christoffel, salah satu anggota chapter Kalimantan. Setelah mencoba berdasarkan tips dari forum-forum tersebut, akhirnya berhasil mengaktifkan fitur autolock by speed dan cruise control. “Hingga saat ini, masih belum bisa diaktifkan di bengkel resmi Mitsubishi di Indonesia,” ujar Ali lagi.

Dari keberhasilan tersebut, akhirnya MitOSI memutuskan untuk membagi tips ini ke seluruh chapter. Saat ini, chapter yang sudah memiliki dan mampu menggunakan software dan hardware ini mencapai: Kalimantan, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi dan Jakarta.

Enaknya, aktivasi fitur ini diberikan khusus sebagai salah satu keuntungan menjadi full member MitOSI.

Cara mengaktivasi Autolock dan Cruise Control tersebut adalah:

No caption
No credit
No caption


1. Membeli cruise control button yang ada di steering wheel (bisa via eBay, online shop atau menggunakan tombol untuk Mitsubishi Pajero). Tombol ini bisa langsung dipasang dan dihubungkan dengan kabel yang sudah tersedia di setir standar Outlander Sport.

2. Aktivasi fitur cruise control, sekaligus fitur autolock by speed. Caranya dengan menggunakan software Diagbox versi 7.19 ke atas atau menggunakan software Etacs Decoder. Keduanya menggunakan Windows operating system.

Dibutuhkan hardware Lexia/Actia yang menghubungkan laptop dan ECU dari Outlander Sport. Aktivasi dilakukan dengan akses ke Etacs dan mengubah parameter autolock by speed dari “Not Active” menjadi “Active” dan parameter cruise control dari “Missing” menjadi “Present”.



3. Voila! Fitur autolock by speed sudah aktif dan fitur cruise control juga aktif. Ditandai dengan indikator lampu cruise control dalam spidometer akan menyala pada saat digunakan.

4. Fitur autolock by speed akan mengunci otomatis pintu pada kecepatan 20 kpj dan fitur cruise control bisa digunakan pada kecepatan di atas 60 kpj.(mobil.otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa