Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tes Direct Koil Toyota Avanza, Memperbaiki Tenaga

billy - Senin, 26 Agustus 2013 | 15:42 WIB
Tes Direct Koil Toyota Avanza, Memperbaiki Power
Hardi
Tes Direct Koil Toyota Avanza, Memperbaiki Power

Tes Direct Koil Toyota Avanza, Memperbaiki Power
Hardi
Tes Direct Koil Toyota Avanza, Memperbaiki Power

Untuk upgrade pengapian kendaraan direct coil seperti Toyota Avanza VVT-I, kini semakin mudah dan terjangkau. Jika sebelumnya image mengganti koil bisa menghabiskan biaya di atas Rp 4 juta, kini dengan keluarnya produk dari Blue Thunder, makin terjangkau (gbr.1).


Penasaran dengan produk tersebut, OTOMOTIF mengetesanya untuk pembaca setia. Bermodalkan Toyota Avanza VVT-i 1.300 cc, bengkel Rev Engineering yang bermarkas di Jalan Panjang, Jakbar langsung disambangi.

Pertama-tama, power standar Avanza dites oleh Theodorus Suryajaya atau yang lebih dikenal dengan nama Teddy Rev sebanyak 5 kali running. Hasil terbaik tercatat pada dynamometer lansiran Dastek sebesar 111 dk pada 6.500 rpm dan torsi sebesar 139,9 Nm pada putaran mesin 4.500 rpm.

Pengujian tahap dua dilakukan dengan koil dari Blue Thunder. Teddy juga melakukan 5 kali running. Sedangkan hasil terbaik tercatat diangka 112 dk pada 6.500 rpm dan 139,8 Nm pada 4500 rpm.

Lewat pengujian ini didapati kesimpulan dengan mengganti koil model direct pada mesin K3-VE milik Toyota Avanza akan memperbaiki tenaga di putaran atas atau peak power naik 1 sampai 2 dk dengan torsi yang relatif sama.

“Kenaikan tenaga ini berdasarkan mesin yang masih standar. Jika sudah mengadopsi turbo tentu akan sangat berbeda, kenaikannya bisa mencapai 4 dk sampai 5 dk,” ujar Freddy A Gautama dari PT Blue Thunder Indonesia yang menjual produk ini seharga Rp 500 ribu per buah dengan garansi 1 tahun.

Buat yang berminat dan ingin ganti, tidak usah khawatir pemasangannya akan membuat repot. Cukup menggunakan kunci T 10 mm dan kunci ring 10 mm. Caranya, buka kancing tutup filter udara sebanyak 5 buah.

 
Kemudian gunakan kunci T 10 mm untuk melepaskan baut pegangan boks filter (gbr.2). Pastikan soket-soket yang menempel di boks filter sudah terlepas, baru mengangkat boks.
 
Jika boks sudah terangkat, baru dapat membuka baut pegangan koil (gbr.3). Gunakan kunci T 10 mm atau ring 10 mm khusus koil nomor 3 dan 4 yang letaknya dekat firewall.

Setelah keempat baut pegangan koil sudah lepas, cabut soket koil satu per satu baru koil dapat diangkat.

 
Masukan koil Blue Thunder pada keempat lubang busi (gbr.4), lalu pasangkan soket-soket koil kembali dan jangan lupa dipasangkan baut pegangan koil.
 
Terakhir tinggal merakit kembali boks filter dan jangan lupa dikencangkan baut-bautnya, serta pasangkan kembali soket-soket yang sudah dilepas. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa