Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Lighter Ekstra di Belakang Suzuki SX4

billy - Kamis, 1 Agustus 2013 | 08:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bagi pengguna Suzuki SX4, mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa di bagian bagasi sebelah kanan terdapat aliran listrik yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber listrik, khususnya untuk penumpang bagian belakang dengan menggunakan lighter.

Ini yang sudah dilakukan oleh beberapa anggota dari Suzuki SX4 Club Indonesia. “Dengan sedikit usaha, kita bisa memasang colokan charger tambahan dari kabel ini, jadi bisa menghasilkan output power tambahan,” jelas Ari Fahrizal, seksi teknis SXCI.
No caption
No credit
No caption

Kali ini OTOMOTIF memasangkan lighter pada Suzuki SX4 lansiran 2011 bertansmisi matik. Alat yang digunakan cukup sederhana, lighter 12 volt yang bisa ditebus seharga Rp 15 ribu, obeng minus, dan cutter.

Lumayan kan kalau mesti nge-charge gadget berbarengan sama teman. Berikut tahapannya. (mobil.otomotifnet.com)

1. Lepaskan penutup berbentuk kotak pada bagasi bagian sebelah kanan. Gunakan obeng jenis minus untuk mempermudah pelepasan.


2. Setelah terlepas, keluarkan kabel yang telah tersedia. Kabel ini sudah tersedia dari bawaan pabrik, jadi tinggal mencari bagian positif dan negatif, bisa menggunakan multitester.
3. Selanjutnya, tepat di sebelah bagian kotak, terdapat lingkaran yang bisa dilubangi menggunakan cutter. Yang nantinya berfungsi sebagai dudukan lighter.
4. Keluarkan kabel melalui bagian lingkaran yang telah dilubangi tersebut, dan sambungkan pada lighter kabel merah untuk positif dan kabel hitam untuk negatif.
5. Terakhir, pasangkan lighter pada dinding bagasi, dan siap digunakan. Jadi tidak usah bingung lagi kalau butuh listrik di bagian belakang!.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa