Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Inspeksi Baut dan Klem Plastik Seputar Bodi, Panas Bikin Getas

billy - Kamis, 18 Juli 2013 | 18:20 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Pernah dengar bunyi-bunyi aneh dari seputar bodi saat mobil melaju? Mungkin itu akibat ada bagian bodi yang kendur, sehingga ketika terkena angin saat melaju cepat, bodi jadi bergetar dan menimbulkan bunyi.

Hal tersebut dialami Jaya, warga Depok, Jabar pada Daihatsu Xenia Xi keluaran 2006 miliknya. “Waktu saya cek, ada beberapa bagian bodi yang klem pengancingnya lepas. Antara lain cover kolong sepatbor depan bagian kiri dan talang air dekat dudukan wiper,” tuturnya. Kok bisa?

“Mungkin karena faktor panas dari mesin dan mobil sering dijemur di panas terik, ditambah usia mobil memang sudah lebih dari 6 tahun. Sehingga membuat baut/klem plastik jadi getas, akhirnya rusak dan terlepas,” prediksi Yono dari Toko Permai yang khusus jual perkakas bengkel, oli, mur dan baut-baut di sentra onderdil Cipete, Lt. Dasar Blok A No.59, Jaksel.

Wah, iya juga ya! Nah, mending sekarang periksa deh bagian-bagian bodi. Soalnya, sekarang pengencangan bodinya tak semua mengandalkan baut besi. Melainkan juga dikombinasi dengan baut/klem plastik.

Pengecekan bisa dimulai dari talang air dekat wiper (gbr.1). Biasaya seputar bagian itu pakai baut plastik colok. Ada juga model paku tancap kayak di Xenia. Sayangnya, model paku tancap kayak punya Xenia agak sulit ditemui di pasaran.

Tapi tenang, kata Yono bisa diakali pakai yang model colok dengan diameter batang yang mirip-mirip atau sesuai lubang dudukannya. Harganya cukup murah, Rp 2 ribu per satuannya.


Selanjut kalau di Xenia-Avanza, periksa bagian atas gril yang nempel ke tulang ruang mesin depan. Di situ ada sekitar 4 buat klem plastik model colok juga (gbr.2). Model dan dimensinya berbeda dari baut/klem yang di talang air tadi, yakni lebih besar sedikit. Meski terlihat lengkap, coba deh perhatikan kondisinya. Jika tampak sudah mulai getas, sebaiknya ganti baru.

Cara melepasnya cukup congkel bagian topi bautnya pakai obeng min (gbr.3). Sementara untuk memasangnya, topi baut plastiknya mesti dalam kondisi terangkat. Usai dimasukkan ke dalam lubang dudukannya, baru deh tekan topi bautnya pakai jari (gbr.4).

Baut/klem plastik seperti ini juga bisa ditemui pada cover kolong sepatbor depan maupun di bawah bumper (gbr.5). Banderolnya di pasaran sekitar Rp 3.500 per satuannya. Murah kan? Banyak kok dijual di toko spesialis perkakas bengkel, mur dan baut. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa