Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All About Efisiensi Bahan Bakar, Hitungan Jangka Panjang

billy - Senin, 1 Juli 2013 | 08:03 WIB
No caption
No credit
No caption


RAPBN-P 2013 sudah disetujui DPR Senin malam lalu (17/6). Artinya, BBM dipastikan segera naik. Nah, bila harga Premium jadi Rp 6.500, sebaiknya mobil Anda, terutama keluaran di atas tahun 2000, segera beralih ke bensin beroktan lebih tinggi.

Seperti yang sudah dibeberkan di boks ‘Pengaruh Oktan & Kalori’, ternyata untuk jangka panjang, mengkonsumsi Pertamax atau bensin non subsidi lainnya, jauh lebih ekonomis. Meski secara hitungan kasat mata, selisih masih banyak dibanding pakai Pertamax atau bensin yang setara (Rp 2.500, asumi harga Pertamax Rp 9.000/liter).

Dari hasil uji coba yang pernah OTOMOTIF lakukan, untuk pemakaian 1 liter bensin non subsidi, mampu lebih irit sekitar 10-20% dibanding Premium. Tak hanya itu, ruang bakar juga selalu terjaga bersih karena pada Pertamax ada kandungan additive ditergen, antikarat dan demulsifire.

Pun begitu kalau ingin mencampur antara Premium dengan Pertamax dengan perbandingan 1:1 untuk mencari nilai oktan setara 90 (dari oktan 88 + 29 = 190 lalu dibagi 2). Biaya yang keluar misal untuk membeli bensin 50 liter berkisar Rp 162.500 (25 liter Premium) ditambah Rp 231.250 (25 liter Pertamax senilai Rp 9.250) totalnya yakni Rp 393.750, hanya beda sekitar Rp 68 ribu dari membeli bensin non subsidi full, yang berkisar di angka Rp 462.500, namun mendapat benefit berlebih dari minimnya kerak atau deposit di ruang bakar. Enaknya jangka panjang, karena biaya perawatan alias bongkar mesin ketika kerak menumpuk bakal lebih kecil. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa