Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

All About Efisiensi Bahan Bakar, Pengaruh Oktan dan Kalori

billy - Senin, 8 Juli 2013 | 10:01 WIB
No caption
No credit
No caption


Pernah dengar kan kalau pakai bahan bakar setara Pertamax atau di atasnya, selain tenaga mesin jadi lebih baik dan konsumsi BBM lebih irit, juga mampu membersihkan ruang bakar untuk pemakaian jangka panjang?

Itu benar adanya sob! Kalau tidak percaya, silakan buktikan sendiri. Pasalnya, “Pertamax punya nilai kalori yang lebih tinggi dibanding Premium, yakni 43,616 cal (Premium hanya 42,098 cal). Makin besar nilai kalorinya, kemampuan ledak/bakarnya makin tinggi,” bilang Hardianto Tato, commercial retail fuel marketing Pertamina.

Efeknya, daya yang diciptakan jadi makin besar. “Pengemudi tak perlu injak gas terlalu dalam untuk bisa berakselerasi seperti yang diinginkan. Sehingga membuat pemakaian bahan bakar jadi lebih efisien,” terang Tato, sapaan akrabnya.

Sementara angka oktan, cenderung berpengaruh pada kemampuan menahan kompresi. “Tapi juga pengaruhnya besar terhadap pembakaran dan efisiensi BBM,” tambahnya.

Selain itu, Pertamax juga disutik 3 macam additive. “Yakni antikarat untuk mencegah korosi, detergen buat membersihkan deposit di ruang bakar dan demulsifire untuk menjaga bahan bakar terkontaminasi air. Kalau di Premium tidak ada ke-3 aditive tersebut,” beber Tato. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa